My Skincare Routine

Ternyata selama ini aku belum pernah ya membahas rangkaian perawatan kulit wajahku yang biasanya disebut skincare routine. Aku memang bukan expert di bidang ini ya, tapi aku tuh banyak cari tau sebelum mencoba suatu produk. Entah kandungannya lah, nggak boleh dicampur sama bahan tertentulah, dan sebagainya.

Karena kondisi kulit orang kan beda-beda ya, nggak bisa ikut-ikutan temen terus hasilnya bakalan sama di kulit kita. Makanya dari awal aku berniat share tentang basic knowledge-nya, misal apa itu moisturizer, eksfoliasi, sunscreen, atau penyembuhan jerawat tanpa berfokus terhadap contoh produknya.

Tujuannya apa? ya biar temen-temen (baik yang sengaja atau tidak sengaja) baca blog ini mendapat informasi tentang apa yang dibutuhkan oleh kulitnya. Jadi, untuk urusan produk merk apa, kembali ke pribadi masing-masing ya, disesuaikan sama tipe kulit, masalah yang dialami (misal jerawat/kusam/kering/dsb) dan yang nggak kalah penting adalah budget.

Masuk ke sharing rangkaian skincare-nya ya, nggak lengkap-lengkap banget sampe 10 step gitu sih enggak. Yang aku rasa perlu aja, kayak eye cream gitu kayaknya belum perlu, nanti kucoba kalau udah 30+ ya, hehe. Ini dia step-nya:

1st cleanser (micellar water) – 2nd cleanser (facial wash) – exfoliating toner – hydrating toner/essence – serum – moisturizer – sunscreen.

Note: Kalau pagi, aku skip 1st cleanser, kalau malem aku take out sunscreen-nya. Kalau ada jerawat, pakai obat jerawat setelah serum dan sebelum moisturizer. Kalau pakai makeup, aku bersihin dulu makeup-nya pakai makeup remover. Kalau ketiduran dan skip night skincare routine, paginya aku scrub-an sebelum cuci muka.

Oiya, kata-kata yang aku highlight warna pink, boleh di klik lho biar masuk ke postinganku sebelumnya yang relate dengan topik ini.

Nah, untuk produk yang sekarang ini aku pakai yaitu

1. Micellar water

Baru dua mingguan ini pakai Nivea Pearl White MicellAir, not my best picks sih. Karena rasanya kayak agak panas-panas gitu di kulit, padahal klaimnya 0% alcohol. Tapi tetep dipake aja sih, masih banyak dan harganya 50 ribuan, eman-eman kalau nggak dipake.

Paling favorit memang Bioderma sih, my first–first cleanser. Sejak cobain bioderma tahun 2015 dan rutin double cleansing, muka jadi less bulukan, hehe. Meski agak mahal ya, botol kecil aja 165 ribuan. Kedua favorit itu L’oreal yang pink (botolnya udah nggak nyimpen), harganya sekitar 120 ribuan tapi botolnya lumayan gede. Favorit ketiga Corine de Farme dengan harga 190 ribuan tapi botolnya super gede dan ada pump-nya.

2. Facial wash

Aku masih setia sama Cetaphil yang oily ya. Kalau dihitung-hitung, kayaknya aku udah ngabisin 4 botol Cetaphil Oily dan 1 botol Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Yang Oily lebih mahal, hiks. 165 ribuan kalau diskon untuk ukuran 125 ml.

maap botolnya udah kotor 😀

Nggak tertarik nyobain merk lain? Sepertinya Cetaphil tak kan terganti deh, karena aku bener-bener merasakan perubahan yang nyata banget di kulitku. Kalau bikin oil-free banget-banget sih enggak, ya less oily aja cukup. Tapi yang aku notice banget adalah komedo. Klaimnya Cetaphil yang non-comedogenic tuh beneran aku rasain. Dulu sebelum pake Cetaphil, ujung hidung kasar dan kalau dipencet langsung keluar tuh komedo putih-putih menjijikkan, sekarang? nggak semudah itu ferguso.

3. Exfoliating Toner

Nggak usah panjang-panjang yang ini ya. Karena fungsinya udah aku bahas dipostingan tentang eksfoliasi dan produk yang kupakai Cosrx AHA BHA. Sekarang ini udah botol keduaku. Harganya sekitar 170 ribuan kalau nggak salah.

Aku juga pernah pakai exfo toner merk Some by Mi Miracle Toner yang hits banget itu, bagus juga. Nanti kapan-kapan aku tulis battle antara kedua produk ini ya.

Baca juga: Some By Mi, Si Toner Ajaib, Bagusan Mana dibanding Cosrx?

4. Essence

Sebenernya aku nggak begitu paham sih faedahnya essence buat apa. Tapi berdasarkan analisa-non-ilmiah-ku, kulit akan semakin sehat kalau well-hydrated. Dan sepertinya aku perlu hidrasi tambahan biar lapisan terdalam kulit nggak kekeringan dan semakin berminyak.

udah mau abis, hiks.

Sebelumnya, aku cobain hydrating tonernya Klairs yang mahal gila itu, aku pun cuma mampu beli share in jar. Bagus sih, tapi jiwa missqueen-ku berontak dan aku cari alternatif lain, yaitu Safi Age Defy gold water essence. Bagus-bagus aja sih, memang ngga lantas bikin kinclong kayak abis facial emas gitu, tapi cukuplah membantu Cetaphil menghempas minyak. Semua produk memang harus saling support satu sama lain dengan tujuan yang sama, kulit jadi sehat.

5. Serum

Yang ini juga nggak usah panjang-panjang nulisnya karena udah pernah kubahas. Produk kecintaan aku banget nih si Innisfree Green Tea Seed Serum. Mungkin temen-temenku juga udah bosen aku racuni serum ini, hehe. Jujur semenjak aku pakai serum ini ((sekarang udah botol kedua)), nggak pernah jerawatan lagi!!!!!!!!

my luv

Kalau kalian baca review-ku sebelumnya, aku tulis bulan Juli 2018 kan itu. Disitu, aku masih bilang jerawatku yang model segede nasi berubah jadi jerawat model titik putih doang kan?! Nah, aku notice kalau sejak September 2018, aku udah nggak pernah lagi jerawatan, bahkan ketika PMS pun. Subhanallah, nggak lebay emang secinta itu aku tuh. Huhu.

6. Moisturizer

Nah ini aku nulis review produk-produk pelembab nggak kelar-kelar deh. Ya karena banyak banget yang aku cobain, sampe bingung mau nulis review-nya kapan. Semoga selama bulan puasa ini bisa selesai ya.

yang sudah pernah dicobain

Tentang kenapa kulit butuh pelembab, udah aku tulis ya. Moisturizer ini adalah satu-satunya produk yang aku demen banget gonta-ganti karena emang pengen coba-coba berbagai merk. Sejauh ini yang aku inget, aku udah cobain Innisfree Orchid Enriched Cream (terbaek dan termahal, hiks), Cosrx Snail 92 All In One Cream, Sariayu Putih Langsat, Nature Republic Aloe Vera Gel, Cosrx Hyaluronic Acid, Yves Rocher Hydra Vegetal, Biokos Vital Nutrition 30s, dan La Roche Posay Effaclar Duo.

currently using this

Baru dua mingguan ini juga aku pakai The Ordinary Mousturizing Factor+HA. Nanti ku review di postingan terpisah ya, yang jelas bocoran review-nya adalah lebih banyak bagusnya. ^^

Baca juga: [Review] The Ordinary Natural Moisturizing Factors + HA

7. Sunscreen

Udah aku bahas juga ya gimana pentingnya pakai sunscreen, dan aku masih setia dengan Biore UV Aqua Rich. Udah botol ke 3, tapi kayaknya next aku mau cobain Cosrx yang Aloe Vera Soothing Sun Cream. Hehe, we’ll see yak.

8. Scrub

Masih dengan cintaku, Skinfood Rice Mask Wash Off. Sang penyelamat setiap kali ketiduran tanpa cuci muka. Kalau nggak dibersihkan secara ‘ekstra’, biasanya dua hari kemudian muncul bruntusan kecil-kecil gitu di jidat.

hehe.. kemasannya dah kotor banget, biasa di taruh di kamar mandi

Jadi, hikmahnya adalah kita harus bertanggungjawab terhadap kelalaian yang telah kita buat. Kalau hari ini udah scrub-an, nggak usah pakai exfoliating toner dulu ya, besok aja lagi, biar nggak over exfoliate.

Yak sekian dulu sharing yang panjang banget ini. Aku nulis dari abis Subuh loh. Semangat puasa hari pertamanya ya teman-teman cantikku :*

17 Comments

  1. g

    May 6, 2019 at 10:30 am

    niat mulia gak tidor habis saur terkabul ya teh

    1. Linda Maya

      May 6, 2019 at 12:06 pm

      hoho yuhuuu.. njuk bar posting iki, aku turu 🤣🤣🤣

  2. tika putri

    May 6, 2019 at 12:06 pm

    beli2 ituu semua dimana Mbak may??

    1. Linda Maya

      May 6, 2019 at 12:09 pm

      ada yg online ada yg di watsons er, nivea, cosrx, biore, cetaphil, safi ada di watsons, mutiara juga ada, sociolla jg ada.
      Kalo the ordinary belom ada official storenya jd beli di shopee.. Kalo innisfree ada di jogja kmaren baru buka di amplaz..

      1. Zizy

        June 12, 2019 at 10:23 am

        Kak rekomendasi micellar water bagi remaja umur dibawah 16 tahun.

  3. Rini Pratiwi

    May 6, 2019 at 12:20 pm

    bermangpaat sekali kakak artikelnya 😊 aku jd pengen nyoba essencenya safiah wkwkwk soalnya pake day creamnya dan alhamdulillah cucok, oh iya semangat puasa hari pertama jg yah kak 😂

    1. Linda Maya

      May 6, 2019 at 12:43 pm

      Iya nih rindong, safi bagus2 beneran kupikir cuma hype aja loh.. Haha serius cobain safi yg essence ini bikin kenyal2 gt.. Aku ntar jg udh ngincer eye creamnya safi.. Krn cukup terjangkau dr merk lain.. Dan spertinya bagus juga.. Haha..

    2. Nia

      May 8, 2019 at 3:20 pm

      Eye cream safi juga bagus banget. Bisa ngilangin dark circle. Paling rekomen safi essence ma eye cream nya

      1. Linda Maya

        May 9, 2019 at 8:40 pm

        siappp makasih.. masuk wishlist to buy berikutnyaaa… nggak nyangka lho ternyata safi sebagusss iniii…

  4. Hedit

    May 6, 2019 at 12:24 pm

    Wahh, ku baru beli tuh yang rice mask. Pemakaian pertama tampaknya menjanjikan. Jadi alus bats muka ainh

    1. Linda Maya

      May 6, 2019 at 12:42 pm

      Haha ya kan mbaa… Berasa semua dosa2 di muka terhapuskan.. Mana baunya enak.. Favorito deh… 😍

  5. initial w

    May 9, 2019 at 9:51 pm

    review the ordinary dong kak, aku rencana mau beli juga nih kebetulan mukaku oily juga sama kaya punya kakak

    1. Linda Maya

      May 11, 2019 at 2:43 pm

      sudah tayang ya ^^.. check my new post: https://lindamaya.net/726-2/

  6. Zizy

    June 12, 2019 at 10:21 am

    Kak rekomendasi micellar water bagi remaja. Dan apakah remaja dibawah 16 tahun boleh memakai micellar water?.makasi kak

    1. Linda Maya

      June 12, 2019 at 3:51 pm

      halo dek.. boleh saja kok.. kan micellar cuma buat bersihin kotoran krn debu dan keringat aja.. abis itu tetep cuci muka pake sabun muka ya.. biar tuntas double cleansing-nya.. rekomendasiku yg lumayan affordable tapi bagus itu garnier yang pink.. kmren aku beli yg mini buat dibawa mudik dan enak juga, bahkan lebih enak drpd ponds.. cobain deh, murah dan sudah bagus ^^

  7. Nabilah

    September 21, 2019 at 8:55 pm

    Halo mba. Aku mau nanya nih. Untuk pemakaian day cream atau night cream nya bisa ga? Trus urutan ke berapa dari :
    1st cleanser (micellar water) – 2nd cleanser (facial wash) – exfoliating toner – hydrating toner/essence – serum – (kl sedang jerawatan, benzolac) – moisturizer – sunscreen. * primer , makeup, setting spray. ????

    Lalu apakah boleh make day/nite cream dgn penggunaan benzolac?

    1. Linda Maya

      September 21, 2019 at 9:12 pm

      halo mba.. day cream atau night cream itu masuknya di moisturizer mba… kalau aku emang cari moisturizer yang ngga ada SPF jadi biar bisa dipake pagi dan malam, selain itu alesannya ya biar lebih hemat sih.. hehe..
      kalau kamu ada day cream/night cream, ya pake aja di step moisturizer…
      boleh kok pake benzolac trs ditimpa day/night cream karena basicnya keduanya itu adlh pelembab, cuma bedanya biasanya pelembab pagi ada sunscreennya sekalian dan teksturnya lbh encer drpd pelembab malam yg biasanya lbh pekat…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.