Kenapa Obat Jerawat Nggak Mempan di Kamu?

why your acne treatment didn’t work well?

Yakin penggunaannya udah benar?

Banyak yang suka curhat atau sekedar tanya, tau obat jerawat yang ampuh nggak? Aku selalu rekomendasiin Benzolac, ya karena aku mencoba sendiri keampuhannya seperti yang aku ceritain di postingan sebelumnya My Acne Story Part II.

Sudah berapa kali aku ceramah tentang Benzolac ke temen-temenku. Kalau Benzolac menerapkan sistem MLM pasti aku udah punya downline banyak sekarang. Hihi..

Beberapa langsung cocok dan beberapa lagi bilang, “halah.. nggak ngaruh!” Kalau udah ada yang bilang begitu, pasti aku tanyain, dengan serentetan pertanyaan buat mengetahui kenapa Benzolac tidak bekerja dengan baik di jerawat dia. Berasa brand ambassador aja sudah :))

Coba aku jabarin ya, biar pada tau masalahnya kenapa kamu masih tetep jerawatan meski udah pakai obat jerawat. Bukan hanya terpaku pada Benzolac aja sih, tetapi berlaku juga untuk semua obat jerawat merk lain yang mengandung Benzoyl Peroxide, seperti Oxy dan Neutrogena.

Kamu nggak double cleansing
Jerawat tentu akan datang lagi dan lagi kalau muka nggak dibersihkan dengan baik. Obat jerawat pun nggak akan mempan kalau muka masih kotor tapi dipakein obat jerawat. Meskipun kita nggak pakai make up, muka kita tetap kotor karena produksi minyak wajah, polusi, debu, dan sebagainya.

Jadi salah banget bagi beberapa orang yang bilang, aku nggak pakai make up kok, cuci muka sewaktu mandi saja cukup. NO! nggak cukup sist, buktinya aku yang sehari-hari kerja di dalam rumah tanpa dandan pun ketika cuci muka doang, masih ada kotoran di kapas sewaktu pakai toner.

Maka dari itu, double cleansing penting banget. Kamu bisa pakai milk cleanser, cleansing balm, cleansing oil, atau micellar water. Bebas, yang penting nggak cuma cuci muka pakai sabun waktu mandi. Kalau misalnya kamu pakai make up yang agak berat, bisa pakai make up remover dulu sebelumnya buat ngangkat eye make up. Yang paling utama, rutinitas ini wajib hukumnya sebelum tidur. Biar semua skin care routine kamu di malam hari dapat bekerja dengan baik saat kamu tidur.

Salah dalam hal mencuci muka
Kalau muka sedang berjerawat, perlakukan muka se-gentle mungkin. Hindari sabun cuci muka yang ada scrub-nya karena dapat menyebabkan peradangan yang justru akan memperparah jerawat. Pilih sabun cuci muka yang lembut, dan gunakan cukup 2 kali sehari. Pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.

Terlalu sering cuci muka dengan sabun dapat membuat kulit kering dan kulit akan lebih agresif memproduksi minyak (sebum) yang justru akan memperparah jerawat. Kalau misal mau keluar di siang hari dan butuh dandan, biasanya aku cuci muka saja pakai air dan pakai toner biar fresh, dilanjut dandan kayak biasa.

Oiya, jangan mengelap muka sehabis cuci muka dengan handuk badan. Aku lebih memilih menggunakan tissue wajah dengan cara di tempel aja, bukan di gosok. Pokoknya, perlakukan muka berjerawat se-gentle mungkin.

Terlalu over pakai obat jerawat
Obat jerawat, dalam hal ini Benzolac, tidak akan bekerja dengan baik kalau dipakai berlebihan. Setelah cuci muka, gunakan tipis-tipis di area berjerawat dan sekitarnya. Jika jerawat hampir penuh semuka, ya gunain aja semuka, asal tipis-tipis aja.

Aku pernah saking pengennya jerawat cepet ilang, selang beberapa jam ku apply lagi dan ku ulangi terus sampai 3-4 kali penggunaan dalam sehari. Padahal sudah jelas instruksinya 1-2 kali sehari. Alhasil jerawat malah kering nggak karuan dan bukannya jerawat meletus, malah kayak keras gitu. Nggak lagi-lagi deh.

Tidak menggunakan pelembab
Kandungan Benzoyl Peroxide dalam Benzolac bersifat membuat area yang diolesi obat jerawat ini kering. Makanya, kita harus menggunakan pelembab setelahnya agar kulit nggak ngelentek-ngelentek yang efeknya bikin bekas jerawatnya nanti susah hilang.

Setelah penggunaan Benzolac, tunggu sekitar 5-15 menit, kemudian gunakan pelembab, disusul dengan skin care routine atau make up. Sebelum tidur pun, jangan lupa apply pelembab setelah penggunaan Benzolac.

Tidak pakai sunscreen
Poin kelima ini benar-benar kualami sendiri sama adekku. Cerita sedikit, suatu hari aku digigit serangga di area bibir yang lukanya panjang kayak herpes gitu. Aku panik banget karena waktu itu H-1 bulan pernikahanku. Malam-malam langsung ke dokter umum yang praktek di apotek K24 Jakal Jogja ditemenin adekku cewek.

Sang dokter malah tanya ke adekku yang lagi jerawatan parah, jerawatnya nggak diobatin mbak? Kami berdua cerita kalau kami sama-sama menggunakan Benzolac, tetapi ngaruh di aku dan nggak ngaruh di adekku. Pak dokter dengan panjang lebar tiba-tiba kasih penjelasan yang sangat berfaedah:

“Banzolac itu kandungannya benzoyl peroxide, kalau kamu menggunakannya di pagi atau siang hari, jangan lupa pakai sunscreen karena nanti kulit yang sudah dikasih benzoyl peroxide akan mudah terbakar. Imbasnya, ada rasa ‘clekit-clekit’ gitu, kulit memerah, dan bekas jerawatnya susah pudar. Kalian tau nggak, klinik-klinik kecantikan itu juga menggunakan Benzoyl Peroxide buat meracik obat jerawatnya, tetapi mereka juga ngasih rangkaian produk seperti krim pagi atau tirai untuk mencegah kulit terbakar dan obat jerawat dapat bekerja optimal”

OMG OMG… berfaedah banget kan dapet info gratis. Sayang banget lupa sama nama Pak dokternya. Kalau kesana lagi belum tentu dapet dokter yang itu.

Baru kutahu kenapa Benzolac hanya manjur di aku tetapi nggak di adekku. Pelembabku yang Sari Ayu tadi ternyata ada SPF-nya sedangkan pelembab punya adekku nggak. Begitu aku ganti pelembab menggunakan Nature Republic yang nggak ada SPF nya, aku tetep melakukan saran dokter tadi dengan menggunakan sunscreen setelahnya. Aku pakai Skin Aqua yang dapat kamu beli dengan mudah di drugstore.

Pencet-pencet jerawat
Tangan gatel sih memang kalau jerawat udah mulai mateng. Rasanya pengen pencet tuh jerawat sampe keluar isinya yang menjijikkan itu. Tapi memencet jerawat yang belum waktunya meletus apalagi dengan tangan yang kotor, bakalan bikin jerawat makin meradang dan lagi-lagi bekasnya susah hilang.

Kurang sabar dan tawakal
Ini adalah kunci dari segala proses membasmi jerawat. Yang namanya acne treatment, ya nggak bisa bikin ‘bersih’ dalam sehari dua hari. Kebanyakan orang ingin hasil yang instan dan merasa nggak cocok dalam sekali dua kali percobaan. Review lagi, apa langkah-langkahnya sudah benar. Acne treatment itu ya rangkaian, nggak bisa hanya dengan pakai obat jerawat aja terus sembuh. Harus kamu imbangi dengan rangkaian perawatan lainnya.

Sekian bab ‘perjerawatan’ ini. Semoga ada faedah yang terkandung di dalamnya 😀

17 Comments

  1. Tesa laurensia

    August 15, 2018 at 2:52 pm

    Membantu sekali. Terimakasih ❤

  2. Eghy

    December 28, 2018 at 9:26 am

    Saat pakai benzolac dan akan memakai pelembab itu harus cuci muka dulu atau langsung dapat melapisinya dengan pelembab?

    1. Linda Maya

      January 10, 2019 at 6:03 am

      urutannya standar ya, cuci muka – benzolac – pelembab… klo dipake pagi/siang dipakein sunscreen.. kalo malem udah begitu aja…

  3. Kirana

    February 4, 2019 at 8:58 pm

    Kak,, skarang aku lgi pake benzolac. Tpi knapa y kok di aku gak ada reaksi apa apa.. Aku lihat review” yg katanya klo pakai benzolac bakal perih dan kulitnya kering.. Tapi di aku gk ngrasain apa” tuh kak.. Aku juga udah pake tipis dan pakai pelembab setelah nya, tapi yg ada benzolac nya yang malah mengelupas.. Menurut kkak itu gimana??

    1. Linda Maya

      February 8, 2019 at 9:10 pm

      reaksinya sama spt yg aku alami, aku juga nggak ngerasa perih atau kering ngeletek2 gt, mgkn krn kulitku berminyak ya. Kulitmu berminyak juga nggak? kamu pake benzolacnya yg 2.5% apa 5%? ada hasilnya ga di jerawatmu? dlu aku pake yg 2.5% jerawatnya nggak cepet mateng, begitu aku pake yang 5% semalem aja langsung mateng. Aku pernah pake benzolac doang nggak pake pelembab, cepet mateng dan cepet kering sih, tp krn kering itu jadi bekasnya susah ilang, item2 gitu loh. Jadi mending abis pake benzolac tipis2.. tunggu bbrp menit biar ngeset dlu baru aplikasikan pelembab.

      1. Siapa ya

        July 12, 2019 at 7:49 pm

        Ka, aku jga pakai serum. Serumnya dipakai sebelum benzola atau pelembab?

        1. Linda Maya

          July 12, 2019 at 7:58 pm

          serum dulu, obat jerawat baru pelembab ya.. pokoknya urutan skincare dari yg teksturnya cair ke yang padat ya..
          dr yang air2 ke yang cream2…

  4. Helen alvia clarita

    March 8, 2019 at 6:56 pm

    Pelembap yang cocok buat dipakai setelah benzolac apa ya kak kira kira. Aku takut kalo pelembap apanya bentrok kandungan ya sama benzolac 🙁

    1. Linda Maya

      March 8, 2019 at 10:38 pm

      mbaknya yg DM aku kan? udh kujawab di DM IG ya mba ^^

      1. Noer

        December 2, 2019 at 8:30 pm

        Jadi mba, pelembab wajah yang cocok untuk kulit kombinasi setelah pakai benzolac kira2 apa ya mbak?

        1. Linda Maya

          December 2, 2019 at 10:42 pm

          ya pelembab yg udh cocok di kamu aja. misal selama ini udah pake wardah ya pake aja… cm obat jerawatnya di apply dlu, tunggu menyerap sebentar trs pake pelembab..
          aku ga bisa saranin merk tertentu karena cocok2an ya semua skincare itu..
          jadi, pakai yg udh jelas2 cocok di kulit kamu aja…

    2. Linah

      October 9, 2019 at 11:01 pm

      Mbak mau tanya sunscreen yang bagus buat kulit yang oily dan berjerawat kira2 apa ya ?

  5. Nurmaulidya Marhayadi

    July 22, 2019 at 9:22 pm

    kakk kaloo jerawat aku gak full semuka tp ada bbrp gitu ada 5 (di pipi, deket alis idung dll) aku aplikasiin benzolac nya ttp semuka tipis2 atau di spot berjerawatnya aja yaa? hehe

    1. Linda Maya

      July 22, 2019 at 10:25 pm

      coba di bagian jerawatnya dlu ya.. klo sembuh trs pindah pindah ke sebelahnya gitu aplikasikan semuka.. jgn lupa pake pelembab setelahnya biar ga kekeringan.. trs jgn dipegang2 dikelupas jg klo kering nnt bekasnya sulit ilang..

  6. Yuthika okta

    September 24, 2019 at 9:23 am

    Hallo mba , mau tanya jenis jerawat nya bisa apapaun atau gmn ya? Aku jerawat nya bruntusan gitu. Trus kalo benzolac kira2 boleh buat kulit sensitif ga ya?

    1. Linda Maya

      September 24, 2019 at 9:14 pm

      Halo mba Okta.. jerawatku jenisnya pustules ya.. yg lama2 kalo mateng ada matanya warna putih itu.. bisa diliat pas saya jerawatan di postingan tentang pimple patch https://lindamaya.net/review-cosrx-acne-pimple-master-patch/ dan https://lindamaya.net/nyobain-plester-jerawat-merk-lokal-nourish-acne-plast/ … kalau kulit mba Okta sensitif mgkn bisa dicoba dlu Benzolac 2.5 % jgn langsung 5%. Kalau cuma beruntusan tapi nggak ada matanya, kayaknya kurang efektif sih mba…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.