[Review] Elformula Intensive Acne Relief Facial Treatment Mask

Sudah coba berbagai macam produk skincare, kenapa masih sering jerawatan? Bagaimana ya caranya mengatasi noda bekas jerawat?

Pertanyaan di atas adalah permasalahan kulit yang paling banyak dicari jawabannya oleh warganet. Banyak sekali artikel yang membahas tentang cara mengatasi jerawat dan noda bekas jerawat, tapi yang paling ampuh yang mana?

Sebelum mencoba berbagai tips yang ada di internet, sebaiknya tanamkan dulu dalam mindset kita bahwa jerawat itu sangatlah normal. Apalagi pada kalian yang masih remaja usia pubertas atau wanita dewasa jelang menstruasi. Jerawat ini terbentuk karena pengaruh hormon.

Masih banyak faktor lain yang menyebabkan seseorang berjerawat seperti produksi minyak (sebum) yang berlebih, penggunaan makeup, tidak cocok terhadap prosuk skincare, konsumsi obat-obatan tertentu, stres, atau kulit sering bergesekan dengan benda yang kotor seperti jilbab, topi atau helm.

Pelan-pelan cari tau apa penyebab jerawatmu, kemudian minimalisir risiko penyebab jerawatnya. Konsultasikan ke dokter kulit agar mendapatkan pertolongan yang tepat. Jangan asal mengikuti tips di internet tanpa mempelajarinya terlebih dahulu.

Aku pernah mengalami kondisi kulit berjerawat cukup parah di usia 20-an. Penyebabnya adalah hormonal, stres dan gaya hidup yang tidak sehat. Aku pun sempat mencari bantuan ke 2 dokter kulit yang berbeda. Semuanya butuh proses, tidak ada yang instan.

Sekarang di usia 30-an, aku udah jarang banget jerawatan. Semakin tua usia seseorang, produksi sebum pada kelenjar minyak akan semakin sedikit, sehingga risiko munculnya jerawat berkurang. Selain itu, gaya hidup juga jauh lebih baik karena tidak lagi makan sembarangan seperti masa muda.

Di usia sekarang pun aku masih cukup sering jerawatan menjelang menstruasi. Namun kuantitasnya nggak sebanyak dulu lagi, paling cuma sebiji atau dua biji aja dan selalu muncul di sekitar bibir dan dagu.

Saking seringnya jerawat muncul di area yang sama tiap bulan, noda bekas jerawat seperti tumpang tindih dan menyebabkan kulit di area dagu lebih gelap dibanding area kulit lainnya.

Noda bekas jerawat atau acne scar akan lebih cepat memudar jika kita melakukan treatment yang benar. Ketika sudah ada tanda-tanda munculnya jerawat, jangan keseringan pegang-pegang wajah dengan tangan yang kotor, hindari memencet jerawat, gunakan obat jerawat atau pimple patch, jaga kelembaban kulit dan jangan skip sunscreen.

Kali ini mumpung lagi PMS dan ada tanda-tanda mau jerawatan, aku mau mencoba sheet mask dari Elformula yang khusus untuk acne treatment.

Kalau kalian cari di marketplace, ada dua jenis sheet mask dari Elformula. Yang pertama adalah masker pencerah wajah yaitu Elformula Intensive Brightening Facial Treatment Sheet Mask. Sementara yang aku coba ini masker perawatan jerawat yaitu Elformula Intensive Acne Relief Facial Treatment Mask.

Oh ya, aku baru tau kalau Elformula ternyata memberikan garansi uang kembali jika produknya tidak bekerja dengan baik. Kita diminta menyertakan bukti foto beforeafter aja buat klaim. Tetapi, semua produk Elformula yang pernah aku pakai hasilnya bagus di kulitku. Lumayan banyak juga yang sudah aku cobain, mulai dari essence, serum brightening, sleeping mask, dan black head mask.

Baca juga: [Review] Serum ELFORMULA 28 Days Miracle Whitening Solution

Elformula Intensive Acne Relief Facial Treatment Mask dikemas dalam wadah box karton berisi 5 pcs. Selain sheet mask, aku juga mendapatkan gratis face roller. Kalau kalian cek di marketplace, ada yang free face roller dan ada yang nggak. Harganya berkisar Rp 142.000.

Kemasan sheet mask berwarna putih dengan desain khas Elformula. Karena diproduksi di Korea, deskripsi produk juga dijelaskan dalam tulisan Hangul.

Elformula mengklaim bahwa sheet mask ini dapat membantu merawat jerawat dan skin blemish, melembabkan kulit, mengurangi risiko munculnya bekas jerawat dan kemerahan, serta mengontrol minyak berlebih.

Kandungan utama pada produk ini adalah Betaine Salicylate, Niacinamide dan Centella Asiatica. Betaine Salicylate adalah asam yang tergolong kelompok Beta Hydroxy Acid (BHA), fungsinya sebagai chemical exfoliator yang membersihkan pori-pori, melunturkan sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi sebum.

Sementara Niacinamide paling sering kita jumpai dalam produk skincare karena manfaatnya yang banyak, antara lain mengatasi jerawat, melembabkan dan mencerahkan kulit. Kemudian Centella Asiatica sudah banyak dikenal manfaatnya untuk menenangkan kulit dari peradangan dan mengurangi kemerahan (redness).

Cara pemakaiannya, bersihkan wajah terlebih dahulu dan gunakan toner. Pasang sheet mask pada wajah dan pijat menggunakan face roller. Diamkan selama 10-20 menit. Lepas sheet mask dan tepuk-tepuk perlahan sisa serum agar meresap sempurna ke kulit wajah dan leher. Setelah selesai pakai sheet mask, kalian bisa lanjutkan memakai step skincare yang lain yaitu moisturizer.

Aku pernah baca ada sheet mask yang bisa dipakai setiap hari dan ada juga yang pemakaiannya 1-3 kali seminggu. Sheet mask yang mengandung bahan aktif dan punya fungsi khusus seperti brightening, anti aging, acne care, dsb. direkomendasikan untuk dipakai seminggu sekali atau 2-3 kali dalam seminggu.

Karena Elformula Intensive Acne Relief Facial Treatment Mask mengandung bahan aktif yaitu BHA – Betaine Salicylate, maka pemakaiannya jangan setiap hari ya. Cukup 1-2 kali saja seminggu biar kulit nggak over eksfoliasi.

Aku baru dua kali mencoba sheet mask Elformula ini, yang kebetulan emang lagi ada jerawat PMS. Jerawat di dagu udah muncul matanya dan tinggal nunggu ‘mateng’ sempurna aja. Di area dekat bibir ada bruntusan kecil-kecil dan kulit di sekitar hidung juga lagi merah-merah karena sehari sebelumnya aku main ke pantai.

Lembaran sheet mask-nya menurutku lumayan tebal dibanding beberapa sheet mask merek lain yang pernah kucoba. Cairan serumnya juga banyak banget. Lubang untuk bibir dan matanya menurutku agak kekecilan di wajahku.

Begitu sheet mask selesai dipasang pada wajah, kulit terasa dingin sejuk gitu. Ada aroma tea tree, benar saja di list ingredients-nya disebutkan sheet mask ini mengandung Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil. Tidak lupa untuk memijat wajah dengan face roller agar serumnya terserap maksimal.

Setelah 20 menit dan sheet mask-nya dilepas, kulit terasa segar dan plumpy banget. Satu hal yang aku notice adalah bruntusan di dekat bibir tiba-tiba matang dan muncul matanya dong.

Keesokan harinya, kedua jerawat yang sudah matang itu pecah dengan sendirinya sewaktu aku cuci muka. Surprisingly, tidak meninggalkan bekas jerawat yang berlubang, karena bakalan menghitam dan butuh waktu lama untuk memudarkan nodanya.

Selang dua hari, aku pakai lagi sheet mask-nya dan hasilnya redness di area hidung sudah benar-benar hilang. Bekas jerawatnya juga tidak meninggalkan noda hitam. Wow, takjub sekali diriku. Sebenarnya kalau dilihat langsung di kaca, kulit juga tampak lebih cerah, tapi kurang ter-capture aja di kamera HP ku.

Menurut kalian gimana? Is it worth to buy this sheet mask? Kalau aku sih YES! Kalau kalian pengen coba-coba dulu, di marketplace banyak kok yang jual satuan dan nggak harus satu box isi 5 sheet mask.

Aku penasaran apakah sheet mask Elformula ini juga dapat bekerja dengan baik di jerawat yang meradang merah-merah dan nggak ada matanya gitu. Apakah bakal seampuh ini juga? Kalian yang udah cobain, tolong komen di bawah ya.

Baca juga: [Review] Blackhead Mask, Essence dan Sleeping Mask dari Elformula

Sheet mask-ku masih sisa 3 lembar nih, bakalan aku simpan buat dipakai bulan depan. Jaga-jaga kalau jerawatan lagi jelang mens. Hihi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.