My Acne Story Part II

Melanjutkan curhatan tentang pencarian obat jerawat…

Masalah jerawat sepertinya memang tidak ada ending-nya ya, apalagi bagi aku yang super pemalas ini. Paling males cuci muka kalau udah ngantuk banget… alasannya takut ngantuknya ilang abis muka kena air. Tetapi ujung-ujungnya bete sendiri karena muncul jerawat.

Memang susah kalau punya cita-cita punya muka mulus bening kayak artis korea, tapi nggak diimbangi sama perawatan yang rutin. Mau yang instan, misal ke klinik kecantikan pun nggak akan optimal kalau dasarnya kita memang males, suka skip-skip skincare routine

Jerawatku masih saja datang silih berganti setelah berhenti pakai krim dokter, tetapi ya paling satu dua biji doang waktu PMS. Yang bikin stres, kadang jerawat muncul di tempat-tempat strategis kayak di bawah bibir atau di tulang pipi, kan mengganggu banget kalau mau dandan, jadi nggak flawless gitu.

Biar jerawat cepet ‘matang’, aku sempet nyobain beberapa merk obat jerawat diantaranya Sariayu Sulfur Intensive Acne Care yang cara pakainya endapan sulfur-nya ditotol pake cotton bud kemudian diolesin ke jerawat. Ternyata obat ini nggak mempan buat jerawatku, tetapi ngaruh banget di jerawat temenku.

Kemudian, aku disaranin temen buat nyobain Benzolac 2,5%. Aku nyobain bareng adekku, yang kebetulan jerawatnya parah banget hampir semuka. Obat ini lumayan bisa bikin mateng jerawatnya, tapi baru benar-benar bisa ilang sampe semingguan lebih. Reaksi yang sama juga dirasakan oleh adekku.

Terus aku browsing tentang obat ini, ternyata Benzolac ada 3 jenis. Benzolac 2,5% (warna hijau), Benzolac 5% (warna kuning), dan Benzolac-CL (warna biru). Perbedaanya adalah kadar benzoyl peroxide di dalamnya. Benzoyl peroxide merupakan zat yang disebut ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat. Obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide diformulasikan untuk jenis jerawat yang ringan hingga sedang akibat kelebihan minyak (sebum). Cara kerja dari Benzolac ini adalah dengan menyerap kelebihan minyak di area jerawat kemudian membersihkan pori-pori dari sumbatan sebum penyebab jerawat, sehingga obat ini ampuh untuk ‘mematangkan jerawat’ dan mencegah bibit jerawat berkembang menjadi jerawat.

Benzolac 2,5% mengandung kadar benzoyl peroxide 2,5% dan difungsikan untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang, Benzolac 5% untuk jerawat sedang hingga parah, dan Benzolac CL untuk jerawat batu. Karena Benzolac 2,5% lama banget sembuhnya untuk jerawatku, aku memutuskan buat nyobain Benzolac 5%.

Benzolac dapat kamu beli di apotek biasa kayak K24, Kimia Farma, Watsons, Guardian, dkk juga ada. Harganya termasuk murah banget, harga eceran tertinggi (HET) Benzolac 5% cuma Rp 22.000,. Aku beli seharga Rp 19.500 di apotek tak ber-merk deket rumah.

Cara pakainya sesuai yang tertera di kemasannya, oleskan tipis-tipis di tempat yang jerawat dan sekitarnya. Benar saja, jerawat langsung matang dalam semalam dan mengering dalam 2-3 hari. Tetapi kok muncul lagi jerawat baru di sebelahnya, begitu sembuh, muncul lagi di sebelahnya gitu terus sampai muka hampir dipenuhi bekas jerawat. Wah, pasti ada yang salah ini. Tetapi entah kenapa aku masih percaya sama Benzolac dan nggak pengen nyobain obat jerawat yang lain.

Aku bertekad untuk browsing dengan keyword benzoyl peroxide biar banyak referensi bukan hanya web berbahasa Indonesia aja yang masih terbatas source-nya. Bertemulah dengan situs acne.org dimana mereka menjual acne regimen atau semacam produk begitu yang terdiri dari 3 rangkaian, yaitu sabun cuci muka (cleanser) yang gentle, obat jerawat (benzoyl peroxide), dan pelembab (moisturizer). Ketiga rangkaian itu sifatnya wajib buat memerangi jerawat, cek video acne.org berikut:

Setelah aku disadarkan oleh situs tersebut, aku mulai beli pelembab, selama ini ga pernah pake pelembab karena merasa kulitku berminyak. Ternyata pemikiran itu salah besar. Biar cepet, aku beli pelembab yang ada di supermarket aja dan ketemu sama Sari Ayu Putih Langsat.

source by google

Bayangkan, di saat aku beli pelembab ini, tepatnya pertengahan 2016 adalah H-3 bulan pernikahanku, gimana nggak stres kalau muka masih jerawatan, nanti pas dirias tekstur kulitnya nggak rata dong. Benzoyl Peroxide memang bikin kulit kering, makanya kita butuh pelembab biar Benzolac dapat bekerja optimal dan kulit ngga ‘ngeletek-ngeletek’ hingga bekas jerawatnya item. Pelembab disini bisa sembarang merk ya, yang cocok aja di kulit kalian. Untungnya aku cocok pake Sari Ayu yang super terjangkau seharga Rp 20.000 ini. Begitu aku ganti merk Nature Republic aloe gel sebagai pelembab juga masih bekerja dengan baik Benzolac-nya.

Kemudian dari video itu, aku juga baru memahami kalau penggunaan obat jerawat dengan kandungan Benzoyl Peroxide harus seluruh muka, meski jerawatannya cuma di spot-spot tertentu saja. Dipakainya tipis-tipis ke seluruh muka. Berdasarkan pengalamanku, kalau dipake di jerawatnya doang, begitu sembuh, si jerawat muncul lagi di sebelahnya, sembuh lagi eh pindah lagi ke sebelahnya begitu terus. Ternyata bakteri penyebab jerawat ‘kabur ‘setelah di pakein Benzolac dan pindah ke area lain yang lebih ‘aman’. Begitu aku pakai ke seluruh wajah, jerawat nggak lagi muncul di muka, malah nyempil di deket kuping dan di leher, nyar lokasi yang tidak terlindungi dengan Benzolac. Tiga bulan kemudian, pas aku nikah, jerawat di muka ilang sama sekali. Padahal lagi datang bulan. Tentunya dalam tiga bulan itu aku ekstra pembersihan juga sih, hampir ngga pernah skip double cleansing.

Begitu muka udah bersih dari jerawat, aku pakai Benzolac-nya hanya di area yang berjerawat aja. Alhamdulillah nggak nyebar lagi, asal bener cara pakainya. Nanti kutuliskan di postingan selanjutnya, mengapa Benzolac nggak bisa bekerja dengan baik di beberapa orang.

Sekarang jerawat udah nggak menghantuiku lagi, bukan lagi masalah besar karena aku tau solusinya. Kalau pun muncul jerawat, paling cuma satu biji akibat ulah diri sendiri yang suka ketiduran dan melewatkan night skin care routine. Kalau udah gini mah, memang harus terima konsekuensi akibat kemalasanku sendiri.

Dari pertengahan 2016 sampai sekarang, maybe sekitar hampir 2 tahun, Benzolac masih menjadi obat jerawat andalanku sih.

Note: penggunaan Benzolac tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui ya, karena kandungan Benzoyl Peroxide nya yang bersifat membunuh bakteri yang mungkin dapat membahayakan janin dan bayi.

46 Comments

  1. Dewi

    September 18, 2018 at 11:09 pm

    Hi mau nanya, mba kalo step pakainya benzolac dulu atau mosturizer dulu ya?

    1. Linda Maya

      September 21, 2018 at 7:31 pm

      Halo.. Pake benzolac dlu baru pelembab ya say.. Jadi abis cuci muka, pake benzolac, pake pelembab…
      Diulangi trs pagi sm malem, kalo pagi jgn lupa pake sunscreen ya.. Atau pilih pelembab yg ber-spf..

  2. Fany

    October 20, 2018 at 6:12 pm

    Sai…perawatan pasca muka bersih setelah pake benzolac gimana baiknya?skincarenya seperti apa sai enaknya? Aku bingung…takut jerawatan lagi…😅

    1. Linda Maya

      October 21, 2018 at 10:36 pm

      halo mba fany, alhamdulillah… seneng dengernya ada orang yang berhasil sembuh dr jerawat krn benzolac kayak aku… hehe. Berasa ketemu temen senasib sepenanggungan :))
      Dari apa yang kubaca dan kupraktekkan sndr, yg plg pntg itu double cleansing, bersihin muka dlu pake first cleanser br cuci muka, merk terserah apa aja yg km cocok.. sebisa mgkn pilih sabun cuci muka yg lembut dan ga bikin kesat ya..
      abis cuci muka jgn pernah skip pelembab.. dan klo siang pake sunscreen…
      klo malem jgn absen double cleansing, krn sunscreen ga akan terangkat bersih klo cm cuci muka doang…

      step ini aja cukup kok sebenernya agar bebas dr jerawat, klo pgn muka kinclong ya hrs ditambah eksfoliasi…
      semoga membantu ya 🙂

  3. wulan

    November 9, 2018 at 7:18 pm

    mbaa klo terasa gatal dan perih. pake benzolac gmn ya

    1. Linda Maya

      November 21, 2018 at 8:29 am

      halooo wulan… selama pemakaian aku ga merasa gatal dan perih sih, apa km ga cocok ya? hentikan pemakaian aja klo ga cocok… atau apa km ga pake pelembab setelahnya? biasanya klo ga pake pelembab dan spf begitu.. krn benzolacnya kan bikin kering tuh.. hrs dilembabkan dan dilindungi dengan spf setelahnya… biar cara kerja benzolacnya efektif…

  4. Mega Wati

    December 29, 2018 at 10:06 am

    Mb linda, kl untuk siang kita pakai benzolac dl ya baru pakai suns screen?

    1. Linda Maya

      January 10, 2019 at 6:05 am

      cuci muka – benzolac – pelembab – sunscreen ya klo pagi/siang hari.. misal dipake malam ya cukup pelembab aja terakhirnya… klo ada step yg lbh panjang misal double cleansing atau pake serum, essence dll.. urutannya misal micellar water – sabun cuci muka – essence/serum – benzolac – pelembab – sunscreen (klo siang)…

  5. hanny

    January 15, 2019 at 10:10 am

    sekarang masih pake benzolac nya kak? ketergantungan ga sih ka? btw kaka pake sunscreen apa?

    1. Linda Maya

      January 16, 2019 at 3:56 pm

      masih sedia benzolac, tp udh jarang dipake banget lha udah ngga pernah jerawatan lagi… hehe.. udh sekitar setahunan terakhir ga pernah jerawatan meski mens pun… sunscreen ku skrg biore uv aqua rich (kalo mau cobain pilih yg pink, wanginya enak!) hehe…

      1. Fatmisa

        January 13, 2020 at 8:57 pm

        Bgmn dgn adeknya kakak yg jerawatan juga
        berhasil juga kah dgn benzopac?

        1. Linda Maya

          January 14, 2020 at 11:49 am

          dia jadinya cuma pake natrep aloe vera itu sama minum kaplet jerawat sariayu… udah bersih sendiri.. pdhl di aku nggak ngaruh.. hehe.. klo aku jerawatan tuh cuma di pipi dan dagu dan ada matanya.. klo adekku tuh full sewajah dan ga ada matanya.. merah2 semua gt.. jd penanganannya beda…

  6. Yantrii

    January 23, 2019 at 10:50 pm

    Bisa utk remaja ngk mbak?

    1. Linda Maya

      January 27, 2019 at 8:49 pm

      bisa kok dek Insya Allah aman jika digunakan pd takarannya… gausah tebel2 ya.. mending digunain malem aja dlu, jgn lupa pake pelembab setelahnya ya…

      1. Aubrey

        February 26, 2019 at 3:46 pm

        Maksudnya pake pelembab itu jadi sesudah pakai benzolac langsung di timpa dengan pelembab seperti aloe vera?

        1. Linda Maya

          February 26, 2019 at 8:56 pm

          iya benar.. tapi ya tunggu beberapa menit dlu smpe benzolacnya nge-set ya..

    2. amanda

      May 9, 2019 at 9:48 am

      kak klo pelembab nya alovera 92% bisa gak sih karena itu kan ada alkoholnya

      1. Linda Maya

        May 9, 2019 at 8:36 pm

        bisa aja kok.. semua macem pelembab bisa aja.. pastikan emg udh cocok di kamu yaa… pokoknya jgn pernah skip double cleansing ama pelembab.. pelan-pelan muka bersih sendiri kok…

  7. Rita anggraini

    January 29, 2019 at 12:01 pm

    Boleh gak benzolacnya diaplikasikan sama krim malam dari skin care gt kak

  8. Nabilah

    February 15, 2019 at 1:58 pm

    Halo mba Linda! Terimakasih sharingnya tentang Benzolac. Aku mau tanya, tipe jerawat mba Linda seperti apa ya sebelum pakai Benzolac? Apakah cystic cane, atau jerawat yang ada matanya atau jerawat kecil2 yg gak ada matanya? Thank youu 🙂

    1. Linda Maya

      February 15, 2019 at 2:05 pm

      halooo… tipe jerawatku yg ada matanya. bukan cystic acne yg model meradang sakit gitu. coba cek postinganku yang ini ya >> http://lindamaya.net/?p=255
      disitu ada contoh jerawatku, yang model putih dan gede banget kayak nasi klo mateng. pake benzolac bakalan cepet matengnya di aku. semoga menjawab pertanyaannya ya.

      1. Nabilah

        February 15, 2019 at 2:46 pm

        Okay heading to the post right away! Terimakaish infonya 🙂

        1. Numuiii

          January 5, 2020 at 6:08 pm

          Kak tanya dong, skincare adiknya.. Soalnya aku jerawatnya agak parah. Ada jerawat yang merah, jerawat yang bernanah, sama jerawat komedo. Aku sukak juga pake benzolac, berhubung aku berhenti karena di apotek kota aku yang terbilang terpencil, jadi kadang habis dan ga restock sampe 4 bulanan. Aku mau coba lagi tapi bingung pake pelembab apa kak:(

          1. Linda Maya

            January 6, 2020 at 12:07 pm

            adek aku malah sembuh jerawatnya krn pake nature republic aloe vera doang.. oh ya sama minum kaplet jerawat sariayu… tp itu semua ga ngaruh sih di aku… jd cocok2an juga tiap orang beda2.. skrg aku sm adek udh ga jerawatan lagi alhamdulillah… kami mengatasinya dgn cara yg beda..

  9. Septii

    February 18, 2019 at 9:13 pm

    Kak aku pake benzolac yg biru, tapi aku gapernah pake pelembab setelahnya dan masih suka nongol satu atau dua di muka:( aku pake cuma kalo mau tidur aja itu ngaruh ga yah?

    1. Linda Maya

      February 19, 2019 at 11:46 am

      Halo septi… ngaruh banget di aku, aku sering begitu kan kalo males, cuma cuci muka aja trs pake benzolac trs tidur.. tapi ternyata bikin jerawatnya tuh kering, bukan yang mateng sempurna trs cepet ilang gitu. Jadinya malah bekasnya lama banget ilangnya kalo udah kering bgt begitu. Jadi setelah aku menyadari hal itu, aku sebisa mungkin harus pake pelembab biar cara kerjanya benzolac sempurna… oiya baca tulisanku ini ya: http://lindamaya.net/?p=240 tentang knp obat jerawat nggak mempan, karena salah satunya skip pelembab. semoga membantu ya jawabannya.

    2. syifa

      June 21, 2019 at 9:05 am

      Kak rekomendasi dong pelembab dan sunscreennya sekarang muka ku lagi ngelupas setelah pake benzolac cl

      1. Linda Maya

        June 21, 2019 at 1:02 pm

        kalo pelembab banyak yaa.. aku ga bisa rekomenin.. sesuaikan aja ama budgetnya.. sariayu aja udh cocok di aku.. tp belakangan lg srg pake produk korea. meski agak mahal tp kemasannya gede2 jd awet.. klo sunscreen biore uv aqua rich sih msh terbaik di aku…

  10. Bellayasa

    March 25, 2019 at 4:32 pm

    Haiii kk.. kalau untuk hilangkan bekas nya bisa gak di pakai bencozalac 5%??? Please d Jawab kakak…

    1. Linda Maya

      April 3, 2019 at 5:29 pm

      halo.. maaf ya balesnya lama.. lagi jarang buka blog. huhu. ga bisa ya, benzolac ini kan cara kerjanya menyerap minyak di area jerawat dan mematikan bakteri penyebab jerawatnya. kalau mau ngilangin bekasnya, rajin2 eksfoliasi aja, nanti lama2 ilang sendiri kok.

  11. Saras

    July 8, 2019 at 1:00 pm

    Kakak pake benzolac nya yg berapa persen?

    1. Linda Maya

      July 9, 2019 at 10:21 am

      yang 5 persen mba… warna kuning…

  12. Dyan

    August 9, 2019 at 7:36 pm

    Mbak kalau buat ngilangin bekas jerawat item item bisa nggak ya?

    1. Linda Maya

      August 10, 2019 at 9:09 pm

      ngga bisa mba.. cuma buat meengobati jerawat aja.. dipakein pelembab setelahnya ya biar bekasnya ga item2… jg jgn dipencet.. klo mau ngilangin bekas bisa rajin exfoliate..

  13. Ceri

    September 17, 2019 at 11:52 am

    share urutan yg benar nya dong mba. Plus cara pake exfoliate nya bagaimana?

    1. Linda Maya

      September 17, 2019 at 12:14 pm

      urutannya ada di tulisan lain judulnya My Skincare Routine https://lindamaya.net/my-skincare-routine/
      klo physical exfoliate, aku pake scrub lembut seminggu dua kali atau kalau ketiduran ga cuci muka… ini aku tulis juga urutannya lengkap di link di atas ya mba…

  14. Ceriah

    September 17, 2019 at 12:13 pm

    Halo mba linda ,
    *Aku mau nanya, apakah cara di bawah ini telah benar u/ menggunakan benzolac:

    Cleanser
    cuci muka
    Benzolac 5/15mnt
    Lalu setelah menggunakan benzolac apakah cuci muka lagi atau langsung pakai Pelembab?

    (Kalau siang pagi/siang pake Sunscreen)

    *trus kalau mau menghilangkan bekas jerawat cara exfoliate nya gimana?
    Ada contohnya ga? Kalau mba linda pake exfoliate apa?

    Huhu aku ga pernah make macem2 jadi banyak nanya nya 🙁 semoga dibales..

    1. Linda Maya

      September 17, 2019 at 12:19 pm

      hehe iya gpp.. semoga jawabanku membantu ya…
      pagi sama malem sama sih urutannya, kecuali klo pagi aku ga double cleansing.. klo malem aku double cleansing, pake micellar water dulu baru cuci muka… urutannya ada di My Skincare Routine https://lindamaya.net/my-skincare-routine/ ya.. udh ada produk2nya juga kusebutkan…
      aku exfoliate pake toner sih daily… klo pake scrub jarang2 bgt plg seminggu sekali/dua kali…
      urutannya dah bener kok.. cleanser-cuci muka-(klo ada toner atau serum)-benzolac-pelembab-sunscreen (klo pagi).. pokoknya urutannya dari yg cair2 ke yg padat2…

      1. Ceriah

        September 17, 2019 at 12:28 pm

        Alhamdulillah langsung dibales. Terimakasih banyak untuk waktu dan bantuannya mba. Salam dari makassar 🙂 sukses terus yaa. Aamiin😁

        1. Linda Maya

          September 17, 2019 at 12:41 pm

          hehe iya mba.. lagi pas bgt buka laptop.. Aamiin.. makasih banyak jg mba supportnya.. sukses juga buat mbaknya…

  15. Fara

    October 1, 2019 at 4:01 pm

    Pake merk double cleansing apa ka

    1. Linda Maya

      October 1, 2019 at 4:09 pm

      kalau sekarang pake micellar water garnier yang pink sama sabun cuci mukanya cetaphil..
      rangkaian komplitnya aku share disini ya.. https://lindamaya.net/my-skincare-routine/

  16. Siti

    November 1, 2019 at 8:01 pm

    Mbk berarti itu dipakein seluruh muka?

    1. Linda Maya

      November 2, 2019 at 1:14 am

      Iya mba tipis2 aja.. Klo jerawatnya agak banyakan ya..
      Klo satu dua coba di area jerawat aja tp agak luas gt.. Tp tipis aja soalnya lgsg kerasa kering gt.. Kasih pelembab setelahnya ya biar ga kering kerontang.. Tp tunggu 5-10 menitan dlu

  17. Riska ns

    January 9, 2020 at 3:14 pm

    Mbaaa, aku kan udah kbiasaan pakai natur-e tiap malem, yang si cairan dalam kapsul nya aku pake ke muka. nah kalau pake benzolac trus + rutin nya natur-e nya aku itu gmna? Kadae benzolac nya ilang dong nanti apa gmna ?

    1. Linda Maya

      January 9, 2020 at 4:50 pm

      hmmm gmn ya.. mengingat kapsulnya itu mengandung vit E.. kalau misalnya dioles ke wajah brarti fungsinya menggantikan serum kali ya.. aku belum pernah coba soalnya, tp srg denger sih.. harusnya gapapa sih pakai barengan, soalnya kandungannya vit E setauku yg ga boleh barengan sama benzoyl peroxide tuh vit C karena sama2 drying dan mengeksfoliasi.. kalau mau dipake barengan ya posisikan natur E nya sbg serum aja.. abis serum baru obat jerawat kemudian pelembab…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.