Apa itu Eksfoliasi?

Weekend datang, saatnya menulis sesuatu yang berfaedah, karena aku sudah nggak tau mau ngapain lagi setelah bersih-bersih, masak, dan nonton Produce 48 ๐Ÿ˜€

Tema kali ini adalah tentang eksfoliasi (exfoliation). Cukup akrab di telinga, tetapi tidak banyak yang tau seberapa pentingnya eksfoliasi untuk kulit kita.

Eksfoliasi artinya adalah pengelupasan sel kulit mati. Bagi kamu yang merasa wajahnya kusam, komedoan, bekas jerawat nggak ilang-ilang, itu tandanya kulit butuh eksfoliasi.

Kulit kita sebenernya bisa mengalami regenerasi secara alami, jadi sel-sel kulit mati kita bisa luruh sendiri dan tergantikan sel-sel kulit yang baru dengan siklus kurang lebih 28 hari. Akan tetapi, semakin tua usia kita, kemampuan kulit untuk beregenerasi secara alami akan semakin lambat. Nah, inilah alasan mengapa kita perlu membantu mempercepat regenerasi kulit kita dengan cara eksfoliasi.

Eksfoliasi ini bisa kita lakukan sendiri di rumah atau kalau punya budget extra bisa ke salon kecantikan. Suka wondering nggak, mbak-mbak yang high maintenance itu kok kulitnya bisaย kinclong dan bening gitu? Ya karena mereka rajin perawatan, salah satu rangkaian facial di salon kecantikan kan eksfoliasi, yang biasanya pake alat seperti cleansing brush itu lho.

Makanya kalau abis facial di salon, muka jadi berasa kinclong kan? Bagi sobat miss queen (baca: miskin) kayak aku gini nih, dan bagi yang lebih suka mager waktu weekend daripada antri berjam-jam buat facial, bisa melakukan eksfoliasi sendiri di rumah.

Nah, eksfoliasi ini ada dua jenis ya. Pertama, physical exfoliation, yaitu eksfoliasi yang dibantu oleh alat seperti masker yang ada scrub-nya atau dengan cleansing brush (yang terkenal merk Clarisonic, atau di Miniso juga ada versi murahnya). Exfoliator ini kan sifatnya melakukan kontak atau bergesekan dengan kulit langsung, jadi jangan digunakan setiap hari ya, 2-3 kali seminggu cukup, apalagi bagi yang kulitnya sensitif.

Kedua, yaitu chemical exfoliation, yaitu eksfoliasi menggunakan senyawa kimia yang bersifat acid. Biasanya dalam kemasan produk exfoliator ditulis kandungan seperti AHA, BHA, dan PHA. Bagi kita yang sudah berusia di atas 25 tahun ini, physical exfoliation aja nggak cukup, karena kulit udah renta begini, jadi perlu pakai chemical exfoliation.

Kita fokus ke chemical exfoliation saja ya, karena aku udah pernah bahas produk physical exfoliator dalam scrub dari Skinfood di link ini.

Kandunganย AHA (Alpha Hidroxy Acid) berfungsi meluruhkan sel kulit mati, mencerahkan kulit (solusi bagi kamu yang punya masalah uneven skintone), memperlambat penuaan kulit, dan ada efek melembabkan sehingga exfoliator dengan kandungan AHA cocok untuk kulit kering.

Sementara kandungan BHA (Beta Hidroxy Acid) sifatnya mudah larut dalam minyak alami di wajah dan mampu membersihkan pori-pori dari komedo. Kandungan BHA ini cocok untuk kulit berminyak, acne prone, dan komedoan.

Sedangkan PHA (Poly Hidroxy Acid) cara kerjanya hampir sama kayak AHA tetapi lebih cocok digunakan untuk kulit sensitif.

Jadi girls, ingat ya, selalu kenali dulu apa jenis dan masalah yang dihadapi kulitmu sebelum memutuskan untuk beli produk skincare. Pelajari kandungan yang manakah dalam produk skincare yang diperlukan oleh kulitmu. Jangan kalau nggak cocok terus nyalahin produknya, bilang produknya jelek bla bla bla, padahal kitanya sendiri yang salah.

Lanjut, chemical exfoliator ini bisa berupa exfoliating toner, exfoliating serum, atau exfoliating pad (not sure ini masuk chemical atau physical, mungkin gabungan keduanya karena bentuknya seperti kapas/kassa bertekstur kasar yang basah).

Yang aman digunakan untuk sehari-hari adalah yang jenis toner. Exfoliator jenis serum kadar AHA BHA nya lebih tinggi, sehingga penggunaannya cukup seminggu sekali. Sementara untuk exfoliator jenis pad, contoh produk yang hits itu Neogen Bio-Peel atau Cosrx One Step Pimple Clear Pad, setauku digunakan 2-3 kali seminggu kayak pakai scrub.

Aku udah pernah pakai yang bentuk pad, minta ke temen, nggak beli sendiri karena merasa mahal, harga di atas 200 ribu untuk 30 lembar pad doang. Jadi, aku putuskan untuk pakai chemical exfoliator jenis toner saja.

Exfoliating toner ada banyak macemnya, tapi setauku yang produk lokal belum ada ya. Kebanyakan produk lokal menjualnya baru hydrating toner aja, ini beda ya. Contoh produknya antara lainย Pixi Glow Tonic, Some By Mi AHA BHA PHA, Benton Aloe BHA Skin Toner, dan Cosrx AHA BHA

Btw, ini aku mau sekalian review Cosrx AHA BHA kok kayaknya udah panjang banget ya. Haha. Aku jadiin dua post aja ya. Cek disini.

6 Comments

  1. tyg

    July 24, 2018 at 4:19 pm

    inces, ku gagal fokus sama gambar tangannya >.<

    1. Linda Maya

      July 26, 2018 at 6:06 am

      wkakakaka.. ngedit pake aplikasi… template nya cuma ini yang polos… yg lain gambar pemandangan.. mianhe aku gabisa sotosop :))

  2. ayu

    July 4, 2019 at 11:31 am

    mbak, saya mau tanya.. kapan ya di pake toner Some By Mi AHA BHA PHA 30 days itu ? apakah setiap bedakan dan habis cuci muka ?
    soalnya itu saya masukan sebagai skincare routine saya..
    muka saya kan oily banget ya, baru 1 jam bedakan udah keluar lagi minyaknya.. tapi d daerah hidung, pipi dagu sama jidat saja minyaknya yg keluar.. saya juga jerawtan.. tp gak banyak.. cuman di dagu saja besar dan putih gitu belum mateng huhu..

    pagi : facial wash (cethapil yg bukan oily), exfoliation toner (Some By Mi AHA BHA PHA), serum (the ordinary niacinamide 10% + zinc 1 % ), sunscreen (skin aqua yg 30 spf)

    siang : facial wash (cethapil yg bukan oily), exfoliation toner (Some By Mi AHA BHA PHA), serum (the ordinary niacinamide 10% + zinc 1 % ), sunscreen (skin aqua yg 30 spf)

    malam : facial wash (cethapil yg bukan oily), exfoliation toner (Some By Mi AHA BHA PHA), serum (the ordinary niacinamide 10% + zinc 1 % )

    mohon bantuannya kak.. apa yg kurang dan harus saya perbaiki skincare untuk wajah saya.. karena kalau saya tengok, penyakit wajah kita itu sama.. mohon bantuannya kak.. terimakasih..

    1. Linda Maya

      July 4, 2019 at 12:23 pm

      mba.. cuci mukanya 2 kali sehari aja mba… coba cek tulisanku yang ini ya judulnya Perang Melawan Kulit Berminyak : https://lindamaya.net/perang-melawan-kulit-berminyak/
      keseringan cuci muka malah makin kering dan makin cepet balik minyaknya… semua step skincare juga pagi sm malem aja kalau mau tidur.. yg malem tambahin cleanser dlu sblm cuci muka… oiya urutanku kayak di tulisan My Skincare routine: https://lindamaya.net/my-skincare-routine/
      nah… urutan some by mi nya udh bener abis cuci muka… tp 2 kali sehari aja cukup yaa…

  3. ayu

    July 4, 2019 at 3:14 pm

    Duh makasih banyak ya mbak.. kebantu banget… blog nya bagus banget.. duuuuhhhhh saya suka sekali mbak :3
    salam kenal ya mbak.. baik banget mau ngebantuu :*

    1. Linda Maya

      July 4, 2019 at 3:26 pm

      hehe sama2.. alhamdulillah.. seneng kalo terbantu dgn tulisan sy.. salam kenal juga ^^

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.