[Review] Cosrx AHA BHA Claryfing Treatment Toner

Sebelum membahas tentang toner ini, baca dulu tentang apa itu eksfoliasi dan jenis-jenisnya di postingan sebelum ini ya, klik disini biar cepet. Hehe..

Sekali lagi, exfoliating toner dan hydrating toner itu beda ya. Kandungan produknya beda, dan tujuan penggunaannya juga beda. Exfoliating toner untuk membantu meregenerasi kulit, sedangkan hydrating toner sudah tentu menghidrasi atau menjaga kelembaban kulit wajah.

Exfoliating toner yang aku pakai adalah Cosrx AHA BHA Claryfing Treatment Toner, produk dari Korsel yang sekarang punya official distributor di Indonesia yaitu lewat Sociolla. Dulu aku belinya nggak lewat Sociolla sih, lewat olshop di Shopee.

Harganya sekitar Rp 170-190 ribuan satu ukuran saja yaitu 150 ml. Kemasannya berbentuk botol plastik yang ada spray-nya. Kelebihan kemasan model spray begini, kita akan lebih mudah mengontrol mau seberapa banyak kita menuangkan produknya dan anti tumpah juga kalau kesenggol.

Tetapi, kekurangan pada kemasan Cosrx Exfoliating Toner ini adalah tutup spray-nya suka susah ditutup. Harus ditekan dengan tenaga biar bisa ditutup rapat, jadi bisa rentan rusak gitu tutupnya.

Di kemasannya terdapat instruksi, kalau pakai toner ini di pagi/siang hari, harus diikuti dengan pemakaian sunscreen SPF 30 atau lebih tinggi. Ada benarnya juga instruksi ini. Toner ini kan fungsinya mengeksfoliasi kulit, di saat lapisan kulit mati “dikelupas” secara kimiawi, kalau kita nggak melindunginya dengan sunscreen, pasti bikin kulit mudah terbakar matahari dan menimbulkan efek kemerahan hingga iritasi (mungkin lho ya).

Nah, penggunaan exfoliating toner yang benar kapan dan bagaimana? Dapat dipakai pagi dan malam, setelah double cleansing atau cuci muka. Caranya, basahi kapas dengan toner dan usapkan merata ke wajah, perlahan-lahan aja nggak perlu di-‘usruk-usruk’. Setelah itu, baru disusul rangkaian skincare yang lain, yaitu hydrating toner, serum, moisturizer, dan sebagainya.

Pernah baca dimana gitu ((lupa)), kalau menggunakan exfoliating toner, gerakannya mengarah ke atas, tujuannya agar pembersihan terhadap sisa-sisa kotoran dan sabun cuci muka lebih optimal sehingga produk dapat bekerja lebih baik dalam mengeksfoliasi kulit.

Selama kurang lebih sebulan penggunaan, Cosrx AHA BHA ini cocok di kulitku. Awalnya memang muncul jerawat besar-besar dua biji di pipi. Jerawat yang dalem banget gitu, sakit dan nggak ada matanya. Usut punya usut, setelah browsing sana-sini, ternyata penggunaan skincare yang mengandung ‘acid‘ kayak AHA BHA ini dapat menyebabkan purging.

Purging ini semacam pembersihan dan penyesuaian, reaksi ini sebagai tanda adanya proses regenerasi kulit dengan cepat. Biasanya akan muncul jerawat yang akan berlangsung selama 2-3 minggu. Namun, jika jerawat tetap muncul setelah sebulan atau lebih, mungkin kamu memang nggak cocok sama produk tersebut. Yaudah jangan dipaksakan, cari yang lain. :p

Benar saja, jerawatku yang dua biji di pipi itu sembuh sendiri, nggak pake radang dan mateng. Abis itu nggak muncul jerawat lagi. Berarti aku cocok dong pake produk ini.

Aku tanya-tanya sama temen-temenku yang pakai exfoliating toner merk Benton Aloe BHA Skin Toner dan Some By Mi AHA BHA PHA, mereka juga mengalami purging juga. Ada yang udah melewati masa kecemasan karena purging. Ada yang lagi masuk masa purging, sarannya ya sabar aja, nanti juga sembuh.

Kalau kamu ragu-ragu pakai exfoliating toner, takut nggak cocok, bisa coba pakai 3 kali seminggu dulu, atau dipakai daily tapi malam hari tok. Meski efeknya nggak akan tampak dengan cepat, tapi pasti kesabaran akan berbuah manis. ((Haha sok motivator)).

Perubahan yang aku alami selama sebulan penggunaan sih belum begitu keliatan, efeknya memang jangka panjang sepertinya, yang tanpa disadari warna kulit akan lebih merata karena noda bekas jerawat memudar. Aku merasa di mukaku yang sehari-hari memang berminyak ini, jadi nggak bulukan kusam gitu lho setelah pakai toner ini. Mungkin itu termasuk bagian dari efek mencerahkan itu ya.

Oiya, kalau ada yang tanya, misal udah pakai exfoliating toner, boleh pakai physical exfoliator seperti scrub juga nggak? Jawabannya boleh, scrub wajahnya jangan sering-sering ya, bisa 2 kali seminggu, dan kalau hari ini udah pakai scrub, exfoliating tonernya stop dulu, dipakai hari berikutnya. Bergantian aja gitu, jangan di hari yang sama, nanti malah over exfoliation.

Ada lagi, aku pernah baca juga, kalau penggunaan AHA BHA jangan dipakai bersamaan dengan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, seperti obat jerawat andalanku Benzolac 5%. Kalau dipakai berlapis gitu, katanya akan membuat kulit seperti terbakar. Well, aku pernah pakai bareng sih, ya di jerawat dua biji tadi, jadi kayak lama sembuhnya gitu. Cara ngakalinnya ya sama, dipakainya bergantian hari atau tunggu jerawatnya disembuhkan oleh Benzolac dulu, baru pakai toner lagi buat daily routine kamu.

Sekian dulu episode ekfoliasi yang sampe dua bab dalam sehari gini. Semangat sekali. Hehe

Semoga ada manfaat yang bisa diambil. :”)

PS edit: Cosrx AHA BHA versus Some By Mi Miracle Toner bisa dibaca disini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.