[Review] Skinfood Black Sugar vs Rice Mask Wash Off

Anyeonghaseyo unniedeul, chingudeul, dongsaengdeul…

((halo mbak2, teman2 sebaya, dan adek2))

Kalau sudah menyapa dengan bahasa Korea, berarti mau bahas produk Korea (lagi) dong.

Kali ini aku mau bikin review sekaligus battle produk maskernya Skinfood. Tau Skinfood kan? yang model iklannya Lee Jong Suk pemain K-drama While You Were Sleeping itu loh. hihi..

nyomot dari google gambarnya oppa ((yaelah selisih 3 bulan aja panggil oppa)) 😀

Skinfood ini memang brand yang udah famous banget sih di Korea sana dan yang best seller memang produk maskernya. Untuk produk wash-off mask-nya sendiri, Skinfood ngasih nama yang unik disesuaikan dengan bahan dasar produk masker tersebut.

Setauku ada 5 jenis masker wash-off Skinfood, yang bahannya dari beras (Rice Mask Wash Off), putih telur (Egg White Pore Mask), gula merah (Black Sugar Mask Wash Off) , gula merah plus madu (Black Sugar Honey Mask Wash Off), dan gula merah plus strawberry (Black Sugar Strawberry Mask Wash Off).

Kita pasti sering denger kan ada orang yang sering maskeran pake bahan-bahan alami seperti putih telur dan air beras. Mungkin saja Skinfood bikin produk maskernya dengan mengkaji manfaat dari masker berbahan alami tersebut,

Nah, dari sekian banyak jenis maskernya Skinfood itu, aku baru nyobain dua jenis, yang Rice Mask Wash Off sama Black Sugar Mask Wash Off.

yang Rice Mask, tulisan di kemasannya udah kisut, tutupnya sering kena air karena ditaruh deket wastafel 😀

Kucoba mengulas perbedaan keduanya ya. Sapa tau diantara kalian ada yang pengen beli, tapi bingung pilih yang mana. Kalau ada duit lebih sih beli dua-duanya aja, bagus semua kok. Cuman masalahnya kalau lagi on budget, beli salah satu aja dulu, sisanya buat beli skincare yang lain, mwehehe.

Dimulai dari kegunaan dari kedua masker ini, keduanya sama-sama punya butiran-butiran scrub sehingga fungsinya membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Jadi masker dengan scrub wajib kamu punyai ketika masalahmu adalah komedo (baik itu blackhead maupun whitehead), bruntusan karena pori-pori tersumbat dan bekas jerawat.

Masuk ke perbedaan dari Rice Mask Wash Off dan Black Sugar Mask Wash Off, yang pertama dimulai dari kemasannya. Keduanya sama-sama dikemas dalam bentuk jar putih berukuran 100 gram dengan label melingkar di badan jar dan tutupnya.

sama-sama 100 gram, mayan gede kan

Pada kemasan Black Sugar Mask Wash Off terdapat tulisan: Power Scrub, yang artinya mengandung butiran scrub yang powerful. Sementara Rice Mask Wash Off, butiran scrubnya lebih halus.

isi maskernya, si gula merah beneran kayak gula merah, si air beras ya putih aja dan scrubnya bening

Tekstur Black Sugar Mask memang lebih kasar dibanding Rice Mask, jadi lebih berfungsi optimal sebagai exfoliator dibanding yang Rice Mask. Bagi kamu yang bermasalah dengan komedo membandel, Black Sugar ini layak kamu coba duluan. Exfoliating memang menjadi salah satu rangkaian penanganan terhadap blackhead, yaitu jenis komedo yang terbuka dan muncul ke permukaan kulit.

tekstur Black Sugar lebih padat, kalau yang Rice Mask encer
btw spatulanya bukan dari Skinfood ya, beli di Strawberry 😀

Sementara Rice Mask ini kan bahannya dari air beras, sehingga tekstur scrub-nya pun lebih lembut daripada Black Sugar. Bagi aku pribadi yang masalahnya lebih ke bekas jerawat, aku lebih prefer yang Rice Mask ini. Scrub lembutnya sudah cukup kuat untuk mengangkat sel kulit mati dengan pemakaian yang rutin, sehingga regenerasi kulit lebih cepat. Sementara air beras sendiri kan punya manfaat mencerahkan, jadi noda bekas jerawat akan lebih cepat tersamarkan.

So, penting bagi kamu menentukan dulu apa masalah kulit yang lebih menjadi concern kamu sebelum memutuskan mau beli masker yang mana.

Kedua, instruksi pemakaian kedua masker ini sama saja sih. Yaitu, bersihkan muka terlebih dahulu, ambil masker secukupnya dan gunakan menyeluruh di muka, kemudian gosok perlahan selama 10-15 menit, bilas hingga bersih.

kelihatan perbedaan butiran scrubnya

Nah, perbedaan yang paling mencolok disini ini. Butiran scrub Black Sugar yang lebih kasar ini kadang terasa panas saat digosokkan ke kulit muka. Maka bagi kamu yang kulitnya sensitif, kamu bisa menambahkan air atau toner biar scrub gulanya sedikit meleleh dan tidak terlalu melukai kulitmu. Kalau Rice Mask kan scrub-nya lebih lembut dan encer jadi nggak perlu ditambah air.

Oiya, yang perlu menjadi perhatian, karena Black Sugar ini kan power scrub ya, jadi pemakaiannya jangan sering-sering. Satu atau dua kali seminggu cukup, kalau keseringan nanti kulit jadi tipis dan sensitif. Sedangkan yang Rice Mask bisa dipakai dua sampai tiga kali seminggu.

Ketiga, perbedaan terletak pada baunya. Black Sugar lebih memiliki aroma yang kuat dan menurutku agak menyengat sih. Aku sama suami pernah nyobain barengan dan dia juga kurang suka sama baunya yang menurut kami kayak balsem. hehe. Kalau baunya Rice Mask suka banget, wanginya enak.

Keempat, harga keduanya kalau di Korea sana atau di website Skinfood sama kok, yaitu sekitar 10 dollar. Kalau beli di olshop atau jastip Korea gitu paling juga kena harga sekitar 120 ribuan bahkan ada yang lebih murah. Menimbang isinya yang 100 gram itu, harga segitu termasuk masih terjangkaulah, kan ukuran barangnya juga gede.

Kelima, efek apa yang kamu rasain setelah maskeran sama kedua masker ini. Efeknya bisa langsung kamu rasakan setelah maskernya kamu bilas. Setelah pakai Black Sugar, tekstur kulit bakalan terasa lebih halus, lembut dan segala ‘bregadalan’ yang biasanya ada di sekitar hidung dan dahi ilang. Hasil instan dalam sekali pemakaian saja bagiku udah wow banget, apalagi kalau kita rajin maskeran kan, kebayang kan bakal bisa semulus apa.

foto diambil siang-siang tanpa filter ya dgn kamera hape

Mukaku pribadi ya belum bisa dibilang mulus juga sih, tapi setelah cukup rutin maskeran, aku udah nggak pernah lagi facial di klinik kecantikan lagi demi ngilangin komedo. Kapok sama sakitnya.

Nah, untuk yang Rice Mask, setelah maskernya dibilas kulit juga terasa kenyal dan lembut, meski nggak selembut abis pakai Black Sugar ya. Efek ‘mencerahkan’ itu juga bisa keliatan dalam sekali pemakaian kok. Gimana coba kalau rutin? hehe… masih menjadi pertanyaanku juga, karena memang dasarnya suka mageran banget. Jadi maskeran kadang cuma kalau lagi inget dan pengen aja, yang kayak gini jangan diikuti ya! 🙂

foto diambil beda beberapa hari ya dan cahayanya beda karena lebih pagi (dan kayaknya belom mandi) 😀

Kalau ditanya bakalan repurchase lagi nggak kalau udah abis? Jawabannya, iya. Aku cinta banget sih sama kedua maskernya. Cuma pengen cobain juga power scrub yang lain kayak St.Ives, oiya, Freeman yang diamond juga scrub-nya enak.

Apa abis ini bikin tulisan versus clay mask-nya Freeman ya? atau di-battle-in sama clay mask-nya Innsifree?

Nanti di-list dulu deh di draft, yang paling penting sih mikirin gimana mengajukan proposal ke pak suami buat beli-beli skincare. Terpenting sih ini, karena tampaknya doi mulai menyadari laci kosmetik yang dulu awal nikah kosong sekarang kok jadi penuh. 😀

Semoga bermanfaat ya sharing-nya kali ini. Anyeong! ^^

2 Comments

  1. tyg

    May 12, 2018 at 7:29 pm

    kak, kalau pake black sugar sakit ga kak dikulit ? kan kasar-kasar gitu, apalagi kalau buat gosok-gosok komedo di hidung..

    1. Rashelia

      March 30, 2019 at 3:25 pm

      ga sbesar itu scrubnya dan ga sakit. kl di aku ga gt exfoliate meskipun pake yg black sugar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.