Kisah Sukses Lissa Memerangi Jerawat

Ngomongin soal jerawat, pasti bakalan jadi topik pembahasan yang panjang. Baik dari penyebab munculnya jerawat, cara mengobatinya, sampai cara memudarkan bekas jerawat itu sendiri.

Kadang kita wondering ya, kok ada teman yang nggak merawat kulit sama sekali, tidur nggak bersihin muka, skincare-nya cuma sabun muka doang, tapi kok kulitnya bisa bersih? Kita-kita ini yang udah pake skincare mahal-mahal pun kadang masih jerawatan. Tanya kenapa?

Kebanyakan orang yang nggak pernah jerawatan sepanjang hidupnya, biasanya tipe kulitnya normal atau cenderung kering. Nah, kita yang selalu dihantui sama masalah jerawat ini, biasanya tipe kulitnya berminyak atau kombinasi (berminyak di area T-zone doang).

Kita boleh iri sama temen yang kulitnya kering karena nggak perlu pusing mikirin jerawat, tetapi kita yang kulitnya berminyak ini juga punya kelebihan kok, yaitu tampak lebih awet muda. Kok bisa? Ya bisa, karena keriput dan garis-garis halus akan lebih mudah terbentuk di kulit yang kering. Jadi jangan terlalu bersedih ya kalau kita harus mengeluarkan budget ekstra untuk merawat kulit agar terbebas dari jerawat.

Memang menyakitkan mendengar komentar orang: “Orang dewasa kok masih jerawatan? kayak baru puber aja?” atau “Hari gini masih jerawatan? kamu pasti males cuci muka“. Kita sebagai wanita modern yang well educated, jangan sampai men-judge seperti ini ya. Jerawat itu banyak sekali faktor penyebabnya.

Males bersihin muka memang salah satu faktornya, tapi jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti stres, selalu begadang, tidak cocok dengan produk skincare atau makeup, makan-makanan yang tidak sehat, efek samping konsumsi obat tertentu, penggunaan produk rambut tertentu, dan bisa juga karena gesekan pada kulit wajah oleh jilbab, helm, atau sarung bantal yang kotor.

Kali ini aku mau menceritakan pengalaman temenku yang breakout parah setelah berhenti menggunakan krim-krim dari klinik kecantikan. Perkenalkan namanya Lissa (Find her on Instagram: @lissaardhiani). Lissa ini adalah teman kantor suamiku yang kemudian jadi teman mainku. Dia juga teman nge-gym aku (setahun lalu sih ini, sekarang udah nggak fitness lagi, huhu). Sebenernya aku juga menjadi salah satu penyebab kenapa dia jadi jerawatan sih, hihi. Maapkan aku Liss. ^^v

foto terakhir Lissa bareng aku..
fotonya agak berkabut karena lagi di lereng gunung, hehe

Dulu, kami cewek-cewek yang satu tempat fitness sering banget jerawatan. Badan lebih sehat, tapi kenapa malah muka malah jadi nggak bersih ya. Kemudian aku langsung cari tau dong, ternyata kalau olahraga itu nggak boleh pake makeup karena dapat menyumbat pori. Setelah berolahraga kita juga harus segera mandi atau paling nggak membersihkan muka supaya kotoran dan keringat tidak lama-lama menetap di wajah dan menyebabkan jerawat.

Kebetulan suatu hari, aku dapat giveaway dari Watsons berupa sabun cuci muka merk Nivea yang travel size sebanyak 6 pcs. Nah, sabun cuci muka itu kubagi-bagikanlah ke sobat gym-ku, salah satunya ke Lissa. Kebetulan Lissa juga bilang kalau sabun cuci mukanya habis. Selama ini dia pakai serangkaian produk mulai dari sabun cuci muka, krim malam dan krim pagi dari dokter di klinik kecantikan (aesthetic center) yang cukup ternama di Jogja sini.

Karena dia belum sempet beli sabun cuci muka ke aesthetic center langganannya, Lissa sementara pakai si Nivea itu. Memang sabun cuci muka Nivea itu ada scrub-nya sih, aku tau bakalan harsh buat kulit. Tapi pikirku, kan kita nge-gym juga nggak tiap hari, 1-2 kali doang seminggu, ya kalau lagi rajin 3 kali seminggu, jadi sesekali cuci muka pake scrub nggakpapalah. Tapi ternyata Lissa pakai sabun muka Nivea ber-scrub itu daily untuk menggantikan sabun cuci mukanya yang habis.

Meski baru beberapa kali pakai, efeknya ternyata bikin kulit wajah Lissa langsung breakout parah dalam hitungan minggu. Beneran sampai keluar jerawat merah dan banyak di area pipi. Sadar akan breakout tersebut, Lissa langsung stop pakai sabun cuci muka Nivea itu, kemudian balik lagi beli sabun cuci muka di aesthetic center langganannya.

Lissa mulai breakout

Meski sudah balik ke rangkaian perawatan krim dokternya aesthetic center, tetap nggak mempan juga. Breakout makin tambah parah, yang awalnya cuma di pipi jadi melebar ke area jidat dan dagu. Bahkan dari aesthetic center-nya udah dikasih obat minum antibiotik pun tetap nggak ngaruh. Aku sama Lissa sih berpikirnya kulit dia udah ‘ketagihan’ krim dokter, breakout-nya adalah reaksi karena ganti sabun cuci muka yang harsh, terus begitu balik lagi ke rangkaian awal dari dokternya udah nggak mempan lagi karena kadarnya makin tinggi. Mungkin lho ya ini, ini cuma hasil diskusiku aja ama Lissa, hehe.

Terus, aku cerita kalau jerawatku sembuh karena Benzolac. Lissa juga cobain, manjur sih, tapi lama banget reaksinya. Nggak secepet reaksi di jerawatku yang cuma hitungan hari. Kalau aku perhatikan, jenis jerawatku sama Lissa itu beda, jenis jerawatku itu yang ada matanya atau nama bekennya pustules. Kalau Lissa, jerawatnya tipe yang merah meradang nggak ada matanya atau dikenal dengan papules.

Kalian bisa belajar jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya melalui video ini:

Kemudian terjadi diskusi berikut ini antara aku dan Lissa.

lalu…
ya beginilah bahasanya campur-campur, harap maklum 😀

Lissa kemudian nyobain pake obat jerawat yang sulfur itu dari another aesthetic center yaitu Larissa. Dia juga sekalian beli sabun muka dan rangkaian anti acne-nya juga. Semenjak pakai rangkaian acne treatment dari Larissa itu, jerawatnya Lissa makin berkurang. Belum yang sembuh total tetapi pertumbuhan jerawatnya lebih terkontrol. Dari sini, terbukti kan bahwa jerawat itu ada banyak jenisnya dan penanganannya beda-beda yang harus disesuaikan dengan jenisnya. Semua ada teori dan penjelasannya, jadi jangan malas untuk cari tau solusi dari masalah kulit kalian ya.

Masalah lain yang harus dihadapi setelah jerawat sudah under control adalah bekas jerawatnya. Kata Lissa, jerawatnya memang membaik tapi bekas jerawatnya ‘ndemblok-ndemblok’ (duh bahasa Indonesia-nya apaan ya), oh sepertinya bisa disebut dengan hiperpigmentasi. Bekas jerawat sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), Post Inflammatory Erythema (PIE), dan Athropic Scars (bopeng). Untuk lebih spesifiknya kalian bisa googling atau mungkin bakalan aku bahas di lain kesempatan ya.

Yang jelas, jenis bekas jerawat Lissa adalah PIH dimana cirinya adalah noda kehitaman karena produksi melanin yang berlebihan akibat jerawat yang meradang atau inflamasi. Nah, cara yang tepat untuk mengatasi PIH adalah dengan mendorong proses pergantian sel-sel kulit atau eksfoliasi agar hiperpigmentasi ini cepat memudar. Salah satunya adalah dengan menggunakan exfoliating agents.

Baca juga: Apa itu Eksfoliasi?

Disini, Lissa menggunakan exfoliating toner yaitu Some By Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner seperti yang pernah aku review di postingan sebelumnya.

Baca juga: Some By Mi, Si Toner Ajaib, Bagusan Mana dibanding Cosrx?

exfoliating toner yang Lissa gunakan

Some By Mi Miracle Toner ini beneran menunjukkan miracle-nya dengan memudarkan bekas jerawat Lissa dalam hitungan minggu dan efektif setelah habis satu botol. Selain membantu mengatasi hiperpigmentasi, Some By Mi juga mampu menekan tumbuhnya jerawat-jerawat baru. Iya memang seajaib itu hasilnya di kulit Lissa. Sekarang kulit wajahnya sudah kembali mulus dengan bantuan exfo toner-nya Some By Mi.

Lissa sudah mulus kembali ^^b

Info bagi teman-teman yang mau mencoba menggunakan exfo toner, ingat-ingat ya, harus dibarengi dengan penggunaan sunscreen di pagi/siang hari. Kenapa? Karena toner ini tuh fungsinya bukan cuma buat basah-basahin muka aja, tetapi mengeksfoliasi kulit chemically. Kalau kulit sedang dikikis, tapi nggak dilindungi dari sinar UV, nanti kulit bisa jadi sensitif dan merah-merah. Tentunya akan menyebabkan masalah baru kan?

Sepertinya sudah panjang sekali sharing tentang jerawat kali ini. Apa aja yang bisa kalian simpulkan dari apa yang dialami Lissa tersebut? Pokoknya secara garis besar, setiap masalah pada kulit pasti selalu ada sebab akibatnya, serta penanganan terhadap masalah tersebut berbeda-beda caranya. Rajin-rajinlah cari tau dan jangan mudah menyerah.

Yang mau sharing tentang cara mengatasi jerawat versi kalian boleh lho komen di bawah. Siapa tau bisa membantu teman-teman yang lain yang mempunyai problem yang sama, sharing is caring ye kan. 🙂

29 Comments

  1. lissa

    July 22, 2019 at 2:21 am

    pertamax!!! bukan karenq incess juga kok ini, lissa nya aja yang males2an beli skin care yang udah abis. ahahahaaa

    1. Linda Maya

      July 22, 2019 at 3:10 am

      hahahayyy… ini dia tokoh utama dalam tulisan ini… brand ambassador Some By Mi bukan Lisa Blackpink tapi Lissa Ardhiani.. hoho

      1. Ines

        September 2, 2019 at 11:24 pm

        Hallo mba, boleh tanya ya 🙂
        Mba lissa sebelum nya pakai toner rutin setiap hari sampai toner habis 1 botol atau gimana ya?

        1. Linda Maya

          September 3, 2019 at 11:29 am

          halo…
          iya Lissa pake tonernya rutin setiap hari pagi dan malem abis cuci muka.. kata dia, sebelum abis satu botol pun udah ada perubahan yg nyata di kulitnya.. jd dia lanjut terus smpe abis dan akhirnya repurchase…

          1. Amalia

            October 8, 2019 at 7:09 pm

            Pakai toner somebymi ,dibarengi pake produk apa aja? Boleh sharing produknya selama penyembuhan bekas jerawat pakai somebymi? Kalau boleh sharing skincare routin waktu itu kak, biar jadi pembelajaran acnes fighter ky aku ini hehe. Biar pantang menyerah, thanks ☺😁

          2. Linda Maya

            October 9, 2019 at 12:48 am

            halo Amalia… lissa waktu itu cuma pake sabun cuci muka cetaphil, toner some by mi itu sama sunscreen skinaqua…
            kalo saranku sih tetap pake pelembab sama jgn lupa double cleansing… pelembab bisa apa aja yg penting nyaman di kulit… double cleansing bisa merk apa aja juga.. pake garnier micellar water sblm cuci muka jg udh oke banget kok..

        2. Hani

          September 8, 2019 at 11:53 am

          Sabun mukanya lisa apa kak hehe

          1. Linda Maya

            September 8, 2019 at 6:03 pm

            Cetaphil yang gentle sabun cuci mukanya Lissa… aku pernah nulis di link ini ya…
            https://lindamaya.net/review-cetaphil-skin-cleanser-gentle-vs-oily/

            cocok buat kulit berjerawat karena ga ada scrub dan lembut banget, after effectnya ga keset..

        3. Rusyda diana

          January 24, 2020 at 6:15 pm

          Waktu itu pake cuci muka larissa yg apa kak?

          1. Linda Maya

            January 25, 2020 at 7:09 pm

            sabun cuci muka lissa dulu larissa yg tea tree warna biru ya.. sekarang dia pake cetaphil gentle ^^

  2. Hime

    August 7, 2019 at 4:35 pm

    ini cuma pake tonernya aja?gak serangkaian serum dan cream?

    1. Linda Maya

      August 7, 2019 at 4:43 pm

      yak cuma tonernya aja.. lissa ga berani pake apa apa waktu itu.. krn toner doang udh ada perbaikan jd dilanjut trs.. tapi kembali lg krn toner ini sifatnya exfoliate, lebih baik dibarengi sama sunscreen…

    2. Annisa

      October 6, 2019 at 12:41 am

      Ka aku pakai toner some by mi.. kok malah jerawatan ya.. malah makin merah² jerawat nya.. aku baca artikel kata nya itu breakout .. muka keluar semua jerawat . Katanya tunggu hingga 1 bulan.. aku udah pakai 2 -3 Minggu.. tapi tetap aja ga hilang²

      1. Linda Maya

        October 7, 2019 at 3:11 pm

        dah dibarengi pake pelembab sama sunscreen belom mba?
        kalau ada reaksi jerawat bisa disebabkan dua hal.. purging atau breakout.. klo purging itu penyesuaian thdp skincare baru dan kebanyakan exfoliating toner emg bikin purging, ntar akan sembuh sendiri dalam hitungan minggu atau bulan.. istilahnya kayak detoks gitu mengeluarkan si jerawat dan mengobatinya…
        kalo breakout ya jerawatan ga sembuh2 krn nggak cocok sama produknya..
        coba kamu stop dlu beberapa hari, klo membaik trs klo km pake lagi ternyata jerawatan lagi… berarti km emg ga cocok…
        tp inget ya harus dibarengi sama penggunaan skincare yg lain.. biar hasilnya optimal… bisa aja breakout krn ga pake exfo toner tp ga dipakein sunscreen kan?

  3. Kus

    September 6, 2019 at 12:17 pm

    Umur 19 tahun udah boleh pake toner ini belum kak?

    1. Linda Maya

      September 6, 2019 at 3:54 pm

      bisa dek.. 19 th sudah masuk kategori dewasa sih… bisa pake toner ini…

  4. eva

    September 12, 2019 at 8:49 am

    mbak lissanya waktu pakek toner some by mi dibarengi produk apa aja??
    kalo misal some by me di pake malem aja gak usah pake sunscreen to?

    1. Linda Maya

      September 12, 2019 at 1:59 pm

      halo… lissa waktu itu cuma pake sabun cuci muka cetaphil, toner some by mi itu sama sunscreen skinaqua…

  5. SITA

    September 19, 2019 at 11:12 am

    halo mba mau nanya. kalo misal pake toner some by mi terus pake serum nya nasific kira2 gapapa ga ya? Kulit ade saya tuh jerawatannya mirip Mba Lissa, bekas jerawatnya juga parah item2. Makasih mba..

    1. Linda Maya

      September 19, 2019 at 11:20 am

      gapapa mba.. karena emg beda fungsi dan saling melengkapi.. malah kalau cucok sm kedua produk itu, bakalan bagus bgt hasilnya..

  6. Dwi hartanti

    October 11, 2019 at 8:49 pm

    Aku tadinya gak jerawatan. Tapi pada tahun 2018 lalu kebetulan sabun cuci muka ku habis. Aku lagi liburan sama tmn aku, ku coba minta sabun cuci muka nya, eh besok pahinya langsung jerawatan parah.. sampek gede² gitu 😥 coba san sini buat ngilangin jerawat itu. Aku akhirnya coba pake acnes dan alhamdulilah jerawatku dah hilang. Tinggal bekas jerawatnya 😥 aku pake sabun cuci mukanya acnes, pake tonernya some by mi, terus serumnya wardah gpp kan ya ka ?

    1. Linda Maya

      October 13, 2019 at 6:27 pm

      Halo… maaf ya baru reply.. iya gapapa kok beda brand gitu.. yg penting cocok aja di wajah kamu nggak ada reaksi tertentu..
      jangan lupa pake sunscreen ya klo pake exfoliating toner.. ditelateni aja,, nanti lama2 bersih kok bekasnya..

  7. Yessica Siahaan

    November 27, 2019 at 4:18 pm

    Kak, aku kan pake skincare dari oriflame dan ternyata gak cocok diwajah aku. wajah aku jdi berminyak gtu, udh gtu jerawatan dan bekas jerawatnya juga gak hilang2. nah aku mau make produk some by mi, mulai dri tonernya, serumnya, creamnya. klau seandainya cocok diwajah aku bsa gak produk some by me nya aku pake trus2an? Kan kata kakak dia itu eksfoliasi atau ngikis kulit ya, nah klau kita pake trus menerus bagus gak kak? Terima kasih…

    1. Linda Maya

      November 27, 2019 at 5:59 pm

      haloo… exfoliating toner aman kok digunakan terus menerus karena fungsinya memang membantu mengeksfoliasi kulit yang kemampuan eksfoliasi secara alaminya sudah menurun sejak usia 25 tahunan. Jadi ya tujuannya biar ga bulukan gitu karena kebanyakan sel kulit mati yang menumpuk. Tapi memang harus dibarengi dengan penggunaan sunscreen yaa… karena kalau kulit dikikis tapi terpapar matahari tanpa perlindungan, nanti bakalan jadi sensitif kulitnya. Jadi intinya sunscreen hukumnya wajib, mau pake exfoliating agents atau enggak. Begitu ya kesimpulannya dr info yang aku baca-baca..

      1. Yessica Siahaan

        November 27, 2019 at 8:59 pm

        Aku make sunscreen trus kok kak. 😊😊
        Nah, bedaanya some by me snail truecica dan 30 days miracle apa ya kak? Bngung mau nyoba yg mana. Katanya sih bagus smua.

        1. Linda Maya

          November 27, 2019 at 9:16 pm

          nah syukurlah klo udh rutin pake sunscreen ^^.. iya nih bagus semua kayaknya some by mi.. yg baru yg yuja itu jg bagus review-nya.. klo yg miracle ini bahan utamanya tea tree yg bagus utk mengatasi jerawat.. kalau snail truecica itu lendir siput sama centella asiatica (pegagan), fungsinya memperbaiki tekstur wajah.. katanya sih ampuh buat bopeng bekas jerawat yg dalem gitu.. aku br mau cobain toner truecica nya.. nunggu tonerku habis.. hehe

  8. Yessica Siahaan

    November 28, 2019 at 6:49 am

    Oke kakak.
    Aku akan menunggu riview dari kakak dlu.
    Makasih kak.

  9. Octa

    December 22, 2019 at 9:14 am

    Bisa sebutkan nama olshop kk beli somebymi nya?hehe thanks

    1. Linda Maya

      December 22, 2019 at 1:04 pm

      bisa via WA nya somebymi indonesia yg official ya.. cek di IG nya >> https://www.instagram.com/somebymi.indonesia/
      atau bisa juga di olshop yg udh trusted kyk beautyhaul.. di tokped ama shopee banyak sih, cari aja yg star seller atau yg testimoninya bagus…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.