[Review] COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Dalam urusan memilih sabun cuci muka, aku lebih picky dibanding produk skincare yang lain. Kalau udah ketemu yang cocok dan nyaman di kulit, suka males coba-coba merk lain.

Beberapa hal yang menjadi pertimbanganku sebelum memutuskan memilih sabun cuci muka antara lain, teksturnya gel atau cream? Berbusa banyak atau nggak? Lembut atau ada scrubnya? After taste-nya licin atau kesat? Baunya enak nggak?

Setelah hampir dua tahun aku pakai sabun cuci muka merk Cetaphil, akhirnya aku nyobain sabun cuci muka baru merk Cosrx. Belinya nggak sengaja. Tapi aku emang suka sih sama merk asal Korsel ini.

Baca juga: [Review] Cetaphil Skin Cleanser: Gentle vs Oily

Waktu itu aku ke Watsons karena ada info diskon Cetaphil Oily, kebetulan sabun cuci mukaku mau habis kan. Begitu sampai disana ternyata udah sold out, terus aku lihat kalau ada diskon juga di bagian display rak Cosrx.

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser yang biasanya harganya sekitar Rp 140.000 ribuan, diskon jadi sekitar Rp 100.000-an aja waktu itu. Tanpa pikir panjang langsung dibayar aja.

Aku udah sering lihat review-nya di youtube sih, banyak beauty vlogger yang menggunakan Cosrx ini sebagai daily facial wash mereka. Kebanyakan komennya juga positif, let’s see.

Dengan harga segitu untuk ukuran kemasan 150 ml, menurutku worth it banget. Facial wash ini dikemas dalam bentuk tube yang size-nya lumayan gede. Bakalan awet sampe berbulan-bulan penggunaan.

Sejauh ini, aku selalu puas dengan kemasan dari produk-produk Cosrx sih. Rata-rata kemasannya gede, jadi kalau dihitung-hitung nggak terlalu pricey. Ada harga ada kualitas dan kuantitas deh pokoknya.

Seingetku nggak ada bungkus plastik atau segelnya, ya cuma tube begini aja waktu beli. Tapi sudah pasti asli dong kalau belinya di Watsons, karena Watsons sama Sociolla merupakan seller resmi Cosrx di Indonesia.

Di kemasan depan, terdapat klaim bahwa sabun cuci muka ini diformulasikan dari bahan-bahan botani yang bekerja dengan cara menenangkan, menyegarkan dan membuat kulit wajah terasa halus tanpa meninggalkan sensasi kering ketarik.

Bagian belakang kemasan didominasi oleh tulisan dalam bahasa Korea. Terdapat keterangan cara pemakaian dan daftar bahan-bahannya. Cara pemakaian sama seperti sabun cuci muka pada umumnya ya, basahi wajah dulu kemudian apply facial wash dengan lembut di wajah.

Meskipun judulnya “Good Morning Cleanser” bukan berarti sabun cuci muka ini hanya diperuntukkan untuk pemakaian pagi hari saja ya. Malam juga bisa. Maybe, dinamakan “good morning” biar wajah kita merasakan sensasi kesegaran udara pagi hari setiap kali kita selesai cuci muka.

Berdasarkan product overview di situs SkinCarisma, COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser tidak mengandung paraben, alkohol dan silikon. Sabun ini juga mengandung acne-fighting agents yaitu Betaine Salicylate dan Tea Tree Oil yang dapat membantu melawan jerawat.

Menjawab kriteriaku tentang sabun cuci muka yang kusebutkan di atas, Cosrx Good Morning Cleanser ini memenuhi persyaratan tersebut.

Sabun ini bertekstur gel bening yang lembut dan tidak mengandung butiran scrub. Berdasarkan suatu referensi, tips kulit sehat adalah dengan memperlakukan kulitmu se-gentle mungkin dan hindari menggosoknya terlalu kuat.

Sabun dengan tekstur gel jelas lembut dan tidak melukai kulit. Pakai scrub boleh-boleh aja sih, tetapi kalau digunakan daily kan kasian sama kulitnya.

Cosrx Good Morning Cleanser ini ada busanya tetapi masih wajar, nggak terlalu banyak. Aku suka sama sabun cuci muka yang busanya sedikit karena menurutku lebih less drying dibanding sabun yang busanya berlimpah.

After taste-nya tidak kesat di wajah tetapi nggak licin juga. Aku kurang suka sama sabun yang bikin kulit jadi kesat, rasa-rasanya segala kelembaban alami di kulit tersapu bersih dan kulit jadi kering ketarik. Nah, Cosrx Good Morning Cleanser ini nggak kayak gitu after taste-nya.

Untuk masalah fragrance, sabun ini ada baunya tetapi bukan wewangian ya. Malah kayak bau obat gitu tapi nggak terlalu strong. Baunya masih bisa ditolerir dan tidak mengganggu.

Overall aku suka, karena nyaman dipakai dan cocok juga di kulitku yang berminyak ini. Nggak ada reaksi berlebihan di kulit seperti bruntusan atau jerawatan, amanlah pokoknya.

Surprisingly, ternyata suamiku juga ikutan pakai sabun ini. Kata suami, sabun cuci muka dia (merk: Garnier Men) bikin wajahnya perih, jadi dia iseng nyobain sabun cuci mukaku yang ada di kamar mandi.

Ternyata lembut di kulit, nggak perih dan nggak bikin kering di kulit wajah suami yang tipe kulitnya kering itu.

Jatuhnya lumayan kan, beli satu produk yang bisa dipakai suami istri. Lebih hemat, jadi uangnya bisa dipakai buat beli skincare(ku) yang lain. Hihi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.