[Review + Wear Test] Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Halo teman-teman cantikku… Kali ini, aku mau sharing tentang cushion foundation yang baru saja launching belum lama ini. Bagi cewek-cewek tim makeup cepet dan no-ribet, wajib baca nih ((maksa)).

Cushion foundation ini pertama kali dipopulerkan oleh brand-brand kosmetik asal Korsel untuk menjawab kebutuhan wanita-wanita masa kini akan produk makeup yang ringkas dan coverage-nya tinggi. Jadilah liquid foundation dibuat dalam bentuk cushion compact kayak kemasan bedak padat. Selain mempersingkat waktu kita buat apply foundation, touch up dimanapun juga akan lebih praktis aja.

Cushion Korea sudah banyak digemari di Indonesia, diantaranya yang paling hits dari brand Laneige, Innisfree, atau Etude yang harganya menguras kantong sobat missqueen. Selain itu, kebanyakan pilihan shade-nya terlalu terang untuk kulit wanita Indonesia.

Untungnya, sekarang ini banyak brand lokal yang udah mengeluarkan produk cushion dengan harga affordable dan shade range yang lebih masuk di kulit wanita Indonesia. Setelah Wardah, disusul Emina, sister brand mereka yaitu Make Over akhirnya ikutan melaunching produk cushion juga belum lama ini.

Cushion Make Over ini bisa kalian dapatkan di Sociolla dengan harga Rp 215.000. Kebetulan aku beli pas masa pre-sale akhir Mei kemarin dengan harga Rp 185.000, terus pas ada promo cashback kalau bayar pake Gopay, jadinya cuma kena Rp 165.000, lumayan banget kan.

Masuk ke review produknya, Make Over tetap konsisten dengan design kemasan all black serta tulisan warna putih yang elegan dan nggak berisik. Di kemasan karton maupun cushionnya sendiri, bertuliskan: Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion.

Produk ini diklaim memiliki coverage yang medium, finish look yang demi-matte jadi akan tampak natural, makeup tahan lama hingga 12 jam, menahan minyak, anti polusi dan dilengkapi dengan SPF 50 PA ++++. Kedengarannya sudah komplit sekali ya.

Oiya, mumpung Kamis kemarin aku ada agenda pergi seharian, jadi sekalian mau nyoba uji ketahanan Make Over Cover Cushion ini, bakalan awet nggak ya kalau sampe malem. Kan klaimnya tahan hingga 12 jam tuh.

Terdapat 6 pilihan warna yang diperuntukkan skin tone terang sampai yang gelap. Aku memilih shade N30, yaitu Natural Beige. Kalau nggak nyobain langsung memang rentan salah shade sih, tapi ya gimana, waktu itu belum dijual offline dan mumpung pas diskon. Jadi ya nekat aja, eh ternyata malah pas banget sama skin tone aku.

kiri: sebelum pake cushion (pardon my bareface skin and the awkward expression)
kanan: setelah pake cushion (bekas jerawat ketutup)

Desain packaging dari Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion sama dengan cushion-cushion merk lainnya. Dilengkapi kaca yang masih disegel dan puff yang juga berwarna hitam. Begitu segel dibuka dan aku swatch di tangan, sekilas kayak terlalu terang shade-nya. Tapi setelah aku coba di muka, ternyata warnanya pas di skin tone aku, yeay happy sekali!

Dalam satu kali tap, sudah dapat meng-cover setengah bagian muka. Produk ini juga sudah mampu menyamaratakan warna kulit meski cuma satu layer saja. Kalau kalian ada masalah dengan uneven skin tone (misal lebih gelap di beberapa sisi atau kemerahan), bisa dilayer lagi di bagian tertentu, hasilnya masih akan tampak natural kok, nggak keliatan medok. Aku kebetulan ada noda bekas jerawat yang masih agak kehitaman di bawah bibir, dan tercover dengan baik.

before-after (closer look): ada bekas jerawat di bawah bibir dan noda hitam-hitam di pipi, yang di bawah hidung tahilalat ya 😀

Produk ini juga mudah di blend menggunakan puff bawaannya, tapi untuk area lekukan hidung agak butuh effort lebih sih, tips biar gampang bisa pake beauty blender.

Untuk finish look-nya dewy glowing gitu sih menurutku, nggak di set pake bedak udah bagus banget. Tapi karena tipe kulitku berminyak, paling-paling efek glowing ini akan hilang dalam beberapa jam saja digantikan oleh kilap minyak. Jadi, biar aman dan awet, tetap aku set pake loose powder tipis-tipis aja biar hasilnya agak matte.

Setelah dandan cepat ala kadarnya, masuk ke uji ketahanannya ya. Aku keluar rumah start jam 10.30, naik ojek online mau ke mall ketemu temen-temen. Biasanya abis panas-panasan naik ojek, makeup langsung meleleh tuh karena minyak udah nggak terkontrol. Mari kita buktikan ya.

berangkat ke mall, blush on masih ON.

Di mall aku cuma ngobrol sambil makan doang. Kebetulan sedang nggak sholat, jadi aku nggak perlu wudhu dan touch up lagi. Setelah empat jam di mall, muka udah mulai berminyak dan aku lupa bawa blotting paper. Demi pembaca blog-ku yang budiman, aku bela-belain beli blotting paper dulu deh sebelum keluar dari mall. Destinasi selanjutnya adalah ke cafe langgananku buat meeting.

kiri: keliatan kan minyaknya, tapi blush on belum meleleh
tengah: setelah pake blotting paper (beli dadakan merk Ovale)
kanan: OTW naik ojol lagi ke cafe buat meeting

Sekitar jam 14.30 aku keluar dari mall. Lumayan seger muka kena angin pas naik ojek, hihi. Meetingnya sih cuma bentar, tapi yang lama ngobrol-ngobrolnya, sampe jam 21.30 baru pulang. Itupun udah habis satu gelas ice cappucino sama semangkok bakso. Pulang dari cafe masih makan capcay di warung kaki lima. Alhasil warna lipstiknya udah ilang, HAHA.

kiri: begitu sampe cafe langsung selfie, berminyak tapi masih lumayan oke.
kanan: selfie di warung capcay, lipstik dan blush on udah BYE.

Setelah tepat 12 jam aku membuktikan ketahanan Make Over Cover Cushion ini, sekarang mari masuk ke kesimpulannya. Di mukaku yang super berminyak ini, foundationnya masih stay in place sampe malem, meskipun blush on sudah meleleh duluan. Nggak ada crack (pecah) sama sekali. Nggak ada yang kering/patchy juga. Setelah 10 jam pemakaian, foundation sudah meleleh karena minyak dan keringat, tapi bukan luntur yang berantakan gitu. Jadi masih keliatan natural.

Overall aku suka banget dan super recommended deh! Worth to buy, girls!

Update: Saking sukanya sama cushion Make Over, aku repurchase refill-nya. Berikut sedikit ulasan dan tutorial memasang refill cushion Make Over ya.

Refill Cushion Make Over

6 Comments

  1. Reena

    July 13, 2019 at 5:18 pm

    Terima kasih kak udah review, jgn lelah untuk ngereview ya! Tulisannya enak dibaca, mantap deh, aku suka~ keknya aku mau beli cushion inii

    1. Linda Maya

      July 13, 2019 at 9:14 pm

      halooo.. Makasih ya udh mampir di blog ini.. Hehe iya aku suka bgt sih sm cushionnya.. Selamat mencoba ya..

  2. Andayani Rhani

    November 7, 2019 at 10:36 am

    Waa makasih bgt mba reviewnya saya jadi pengen nyobainn cushion ini 😂

    1. Linda Maya

      November 8, 2019 at 2:26 pm

      hihi sama sama mbaa.. Semoga cucok juga buat mbaknya…

  3. Emi @ridha Rosanna

    January 6, 2020 at 4:52 pm

    Warna kulit mbak apa, hg cucok pakai N30?

    1. Linda Maya

      January 7, 2020 at 12:32 pm

      warna kulitku apa ya.. lebih ke putih kekuningan gt.. tapi nggak putih2 banget sih…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.