[Review] Safi Dermasafe Mild and Gentle Gel Cleanser

Kalian tau nggak produk skincare apa yang paling sering merusak kulit wajah? Jawabannya adalah facial wash atau sabun cuci muka.

Penggunaan sabun cuci muka yang terlalu sering (over-cleansing) dapat merusak skin barrier kita. Skin barrier adalah lapisan epidermis terluar yang melindungi kulit wajah dari faktor eksternal seperti bakteri, debu, polusi dan sebagainya.

Over-cleansing dapat merusak skin barrier dengan cara menghilangkan minyak dan kelembaban alami pada kulit wajah. Akibatnya kulit akan menjadi kekeringan dan sensitif. Itulah mengapa cuci muka menggunakan sabun disarankan hanya boleh dilakukan maksimal dua kali dalam sehari.

Efek buruk dari over-cleansing ini mungkin tidak akan kita sadari dalam hitungan hari, tetapi akan mempengaruhi kesehatan kulitmu dalam jangka panjang. Apalagi kalau sabun mukamu mengandung scrub, NO!

Kemudian, apa saja tanda-tanda bahwa skin barrier kita rusak?

  1. Kulit sering mengalami iritasi dan kemerahan
  2. Tampak kusam dan kasar jika diraba
  3. Kulit semakin berminyak, namun rasanya seperti ketat ketarik
  4. Jadi lebih sering jerawatan

Jika kalian mengalami salah satu atau dua dari tanda-tanda di atas, mungkin kulit sedang protes karena pelindung alaminya rusak. Selain dipicu oleh over-cleansing, rusaknya skin barrier juga bisa disebabkan karena over-exfoliation, penuaan, polusi, stres, dan kurang tidur.

Kulit kita memang bisa memperbaiki diri sendiri dalam hitungan bulan, tetapi alangkah baiknya kalau kita juga ikut membantu menyehatkan kembali skin barrier. Salah satunya adalah dengan menggunakan sabun cuci muka yang gentle bagi kulit.

Belakangan ini aku sering baca-baca tentang gentle skincare, yang mana artinya adalah skincare yang mengandung mild ingredients atau bahan-bahan yang ringan dan tidak harsh bagi kulit untuk penggunaan jangka panjang.

Dulu aku berpikir bahwa hanya orang yang kulitnya sensitif aja yang butuh gentle skincare. Namun, jika skin barrier orang dengan tipe kulit normal/kering/berminyak dibiarkan rusak, bukankah akhirnya akan menjadi sensitif?

Inilah yang menjadi pertimbangan kenapa kita perlu switch ke gentle skincare, karena apapun masalah kulit kita, perawatan yang terbaik adalah memulihkan dan melindungi skin barrier.

Baiklah, mari kita mulai dengan mengulas salah satu produk sabun cuci muka yang gentle untuk kulit, yaitu Safi Dermasafe Mild and Gentle Gel Cleanser.

Produk ini masuk kategori gentle skincare bukan karena ada kata gentle dalam nama produknya melainkan mengandung mild ingredients. Sebagai catatan, banyak produk skincare yang menyebutkan kata gentle tetapi masih mengandung harsh ingredients.

Safi merilis Dermasafe series dengan menyasar market orang dengan sensitive skin. Dibandingkan dengan produk Safi series lainnya, Safi Dermasafe ini lebih mahal dan terlihat lebih eksklusif.

Ada dua jenis cleanser dari Dermasafe series yaitu yang teksturnya gel dan ada mousse. Keduanya sama-sama gentle kok, tetapi aku lebih suka sabun muka yang teksturnya gel, jadi aku beli produk ini.

Safi Dermasafe Mild and Gentle Gel Cleanser diklaim memiliki fungsi untuk membersihkan kulit dari sebum dan kotoran yang berlebihan secara optimal, serta menyejukkan kulit. Produk ini juga telah teruji secara dermatologis memiliki pH yang seimbang serta tidak mengandung tambahan fragrance, alkohol dan pewarna.

Berikut adalah daftar lengkap kandungannya:

Aqua, Glycerin, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide Methyl MEA, Acrylates Copolymer, Sodium Chloride, Sodium Cocoamphoacetate, Citric Acid, Sodium Hydroxide, Tetrasodium EDTA, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Phenoxyethanol, Potassium Sorbate.

Seringkali orang salah menafsirkan Sodium Laureth Sulfate (disingkat SLES) sebagai Sodium Lauryl Sulfate (disingkat SLS). Meski sama-sama berfungsi sebagai surfactant namun keduanya adalah jenis senyawa yang berbeda. Dimana SLS lebih dapat menyebabkan kulit kering serta iritasi dibandingkan dengan SLES yang cenderung lebih aman.

Produk ini tersedia dalam kemasan berukuran 100 gram dan dibanderol dengan harga Rp 63.900. Kalian bisa beli di toko kosmetik terdekat atau bisa juga di online store seperti Sociolla atau Watsons online.

Kemasan produknya berupa botol tube dengan tutup flip top. Sementara isi produknya berupa gel bening. Meski klaimnya tidak mengandung tambahan fragrance, Safi Dermasafe Gel Cleanser ini masih ada aromanya tapi ringan banget, mungkin karena adanya kandungan flower extract.

Cara pemakaiannya sebagaimana dituliskan pada kemasan:

Tekan dan keluarkan secukupnya ke telapak tangan. Campur dengan air hingga berbusa. Pijat wajah dengan gerakan memutar lalu bilas hingga bersih. 

Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan sebelum Booster Mist dan Moisturizer.

Safi Dermasafe Gel Cleanser ini tidak terlalu banyak menghasilkan busa, sedang saja. Saat diaplikasikan ke kulit juga lembut dan licin. Setelah dibilas pun tidak meninggalkan sensasi kesat pada kulit. Which is good, karena artinya tidak akan membuat kulit kering karena minyak dan kelembaban alami kulit tersapu bersih.

Aku sudah menggunakan produk ini sejak 3 bulan yang lalu dan cocok-cocok aja di kulitku. Tidak membuat kulit kering dan produksi minyak di wajah biasa aja, tidak cenderung mengalami peningkatan karena pada dasarnya kulitku memang oily skin.

Kalau kalian bingung gimana caranya cuci muka pakai sabun 2 kali sehari doang padahal harus mandi, wudhu dan pakai skincare malam, mungkin caraku ini bisa jadi referensi.

Aku jarang banget cuci muka pakai sabun di pagi hari karena aku memang nggak pergi kemana-mana jadi jarang mandi pagi-pagi. Tapi karena harus pakai sunscreen, aku memulai skincare pagiku dengan pakai toner di kapas, kemudian pelembab dan sunscreen.

Agak siangan setelah selesai masak dan beres-beres rumah, biasanya aku baru mandi. Nah, disini baru cuci muka pakai sabun dan lanjut re-apply sunscreen. Kalau wudhu ya pakai air doang nggak pakai sabun muka, lalu kalau mandi sore juga cuci muka pakai air doang.

Baru kemudian sebelum tidur, melakukan double cleansing dengan micellar water kemudian cuci muka dengan sabun dan lanjut step skincare malam seperti biasanya.

Jika kalian pergi ke kantor dari pagi, ya cuci muka pakai sabunnya pas mandi pagi dan sebelum tidur aja, selain dua momen itu cukup pakai air biasa. Atau kalau pengen yang seger-seger di siang hari bisa semprot muka dengan face mist.

Demikian ulasanku mengenai Safi Dermasafe Mild and Gentle Gel Cleanser. Tujuanku menulis ini adalah sharing wawasan tentang gentle skincare tanpa merujuk ke merek tertentu, kalian bisa explore merek-merek lain juga kok. Kebetulan aja Safi ini lumayan affordable dan gampang dicari maka aku menjadikan Safi sebagai pilihanku. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

[Review] Safi Naturally Bright Tea Tree Oil

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.