Nabung Dana Piknik Segampang Ini dengan Jenius BTPN

Suatu sore, istri bertanya pada suami “Anniversary-an mau piknik kemana?”. Suami mengernyit “Emang kita punya dananya? Ambil dari tabungan?”. Istri menyodorkan handphone dan menunjukkan saldo tabungan pikniknya di Jenius BTPN. “Punya dong! Kan aku punya tabungan khusus piknik anniversary”.

Seperti itu kira-kira reka adegan yang terjadi beberapa bulan lalu. Kami berdua memang sepakat akan merayakan anniversary setiap tahunnya dengan piknik. Tentunya jika masih diberikan rejeki berupa umur dan kesehatan.

Piknik memang termasuk dalam kebutuhan tersier, tetapi tidak ada salahnya kalau kita menjadikannya sebagai self reward atas kerja keras kita dalam bekerja. Bagi istri-istri yang nggak bekerja, bisa jadi escape dari kejenuhan mengurus pekerjaan rumah tangga.

Kebayang kan betapa menyenangkannya satu atau dua hari tanpa mikirin pekerjaan, explore tempat-tempat baru dan bisa ngobrol lebih intim bersama pasangan. Ini penting untuk menjaga kewarasan masing-masing.

Piknik nggak perlu jauh-jauh kok, disesuaikan saja sama waktu dan budgetnya. Kita bisa jalan-jalan ke lokasi wisata domestik atau cukup staycation aja di hotel yang fancy.

Karena agenda anniversary trip ini sudah menjadi annual event bagi kami, aku sebagai bendahara rumah tangga berpikir bahwa kami harus punya budget tersendiri untuk piknik. Sejak aku bergabung menjadi Teman Jenius bulan April lalu, budgeting has never been this easy.

Apa sih Jenius itu? Jenius adalah produk perbankan digital dari Bank BTPN. Kalau mau kenalan terlebih dahulu sama Jenius, bisa cek di website Jenius. Design web-nya kekinian banget dan mudah dipahami kok.

Jenius juga memiliki forum komunitas yang dikenal dengan Jenius Co.Create, dimana forum ini menjadi wadah bagi pengguna Jenius untuk bertukar ide, opini dan diskusi seputar keuangan.

Hal yang membuatku tertarik membuka rekening Jenius adalah karena Jenius memiliki fitur-fitur yang sangat memudahkan kehidupan keuangan kami. Apa saja fitur-fitur Jenius yang aku sukai, sudah kutulis pada link di bawah ini ya.

Baca juga: Si β€˜Jenius’ dengan Segala Kemudahan Bertransaksinya

Fitur Tabungan Auto Debet dari Jenius BTPN

Dari semua jenis fitur yang ditawarkan oleh Jenius BTPN, aku paling suka sama Dream Saver yang akan membantu kita menabung berdasarkan tujuan-tujuan tertentu dengan nominal yang dapat kita tentukan sendiri.

Kita bisa membuat beberapa jenis tabungan di Dream Saver dengan label dana piknik, gadget, skincare, rumah atau dana pendidikan anak. Dengan cara ini, semua tujuan keuangan akan berjalan bersamaan dan masing-masing dapat tercapai tanpa mengganggu financial goals kita yang lain.

Yang aku suka dari Dream Saver adalah karena kita bisa menentukan sendiri nominal dan periode auto debet tabungan dari saldo utama. Ada opsi auto debet per hari/minggu/bulan dengan nominal yang dapat kita atur sendiri tanpa perlu ke bank. Iya, semudah itu.

Sebagai istri yang mendapat tugas mengatur keuangan rumah tangga, aku harus jeli menentukan pos-pos keuangan agar semua tujuan finansial keluarga kami dapat tercapai. Peran ini tanggungjawabnya besar loh, istilahnya dalam filosofi Jawa harus gemi, setiti, dan ngati-ngati.

Bulan November ini kami merayakan hari jadi pernikahan yang ketiga. Sudah waktunya tabungan piknik di Dream Saver di-‘panen’. Hihi. Setelah dihitung-hitung, dananya baru cukup untuk wisata domestik dan kita memutuskan untuk piknik ke Bali lagi.

Waktu anniversary yang pertama, kami juga piknik ke Bali dengan staycation di Nusa Lembongan. Kalau ke Bali edisi kali ini, kami pengen mewujudkan salah satu impian kami berdua untuk menonton pagelaran tari Kecak di Pura Uluwatu.

Alhamdulillah impian kami dapat terwujud dengan lancar dan tidak out of budget. Malahan ada sisanya, bisa buat beli sepatu nih. Asik.

Memanfaatkan Fitur Dream Saver untuk Menabung Dana Piknik

Setelah tabungan piknik di tahun 2019 berakhir, sekarang saatnya memulai kembali tabungan piknik untuk tahun depan. Begini cara memanfaatkan fitur Dream Saver untuk membuat tabungan anniversary trip 2020.

Pilih fitur Save It dan pilih jenis tabungan Dream Saver. Selanjutnya tinggal menuliskan apa tujuan keuangan yang ingin dicapai dan berapa nominal yang ditargetkan. Kita bisa upload foto juga lho biar tambah semangat menggapai impian. Ceilah.

Kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Kita bisa atur sendiri kapan target selesainya tabungan atau berapa nominal yang akan di-debet secara otomatis oleh Jenius. Auto debet ini juga bisa kita atur, mau ditarik daily/weekly/monthly.

Kita juga bisa top-up sendiri disamping yang auto debet. Misalkan kita menang arisan, daripada habis buat jajan, top-up aja ke salah satu tabungan Dream Saver. Dengan begitu, target nominal tabungan dapat lebih cepat tercapai.

Apabila ternyata bulan depan kebutuhan lagi banyak dan kayaknya alokasi dana buat nabung jadi berkurang, kita bisa pause dulu kok auto debet-nya. Nanti bisa kita lanjutkan lagi ketika keuangan mulai normal.

Atau kalau terpaksa harus berhenti menabung di tengah jalan karena kondisi darurat yang memerlukan banyak uang, kita bisa stop tabungan Dream Saver-nya.

Mulai bulan depan sampai November 2020, aku harus istiqomah dalam menabung dana piknik di Dream Saver nih. Rencananya mau menambah nominal tabungannya biar sekali-sekali bisa piknik yang agak jauhan dikit.

Jadi sepertinya aku harus menghitung ulang pos keuangan lain yang masih bisa dihemat, yaitu uang jajan. Sebuah challenge buat aku yang demen banget jajan bubble tea kekinian.

Ya sesekali bolehlah, asal nggak keseringan jajan aja. Uangnya kan bisa ditabung buat piknik tahun depan yang lebih indah. Gimana, oke kan?

Siap!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.