Cat Rambut Segampang Keramas Pakai Mise En Scene

Sudah genap sebulan kita menjalani self quarantine untuk memutus rantai penyebaran virus Corona dengan gerakan #DiRumahAja. Gimana kabarnya? Udah mati gaya belum?

Kalau weekdays sih masih oke ya, karena kita sibuk dengan pekerjaan masing-masing meskipun cuma di rumah doang. Tetapi kalau weekend datang, rasanya kayak kehabisan ide mau ngapain lagi. Apalagi yang biasanya suka jalan-jalan ke mall tiap weekend, kerasa banget gabutnya, haha.

Banyak dari temen-temen di twitter dan instagram yang mulai eksplor hobi baru untuk mengatasi kejenuhan di rumah. Ada yang jadi rajin masak, bikin dessert, decor ulang kamar tidur, menanam tanaman hias, melukis dan bahkan merajut.

Wow, keadaan ini bikin kita makin kreatif ya. Bagus sih, daripada mikirin kemungkinan terburuk akibat virus Corona terus-terusan, malah makin stres. Selain menjaga kebugaran fisik, pikiran juga perlu dijaga kewarasannya.

Kalau udah mentok nggak tau mau ngapain lagi, mungkin kalian bisa mencoba mengubah penampilan dengan potong rambut atau cat rambut sendiri di rumah. Agak ekstrim memang bagi sebagian orang, tetapi nggak ada salahnya mencoba hal baru, seru lho.

Aku udah sering mewarnai rambut dari jaman kuliah dulu. Gen rambut beruban dari bapak memang kuat banget, aku dan adek-adekku udah ubanan sejak remaja. I’m not complaining, because I got most of the good genes from him. Hihi.

Nah, kalau suamiku belum pernah cat rambut sama sekali, jadi dia excited banget mau mewarnai rambutnya. Asik! bisa sekalian kujadiin model foto, mumpung rambutnya udah panjang. Entah motivasi suamiku apa kok tiba-tiba pengen gondrong.

Cat rambut sendiri di rumah memang ribet ya, aku sendiri aja seringnya ngecat di salon. Tapi ternyata ada produk cat rambut yang nggak pake ribet, nggak butuh sisir atau kuas khusus cat rambut. Bisa pakai tangan doang kayak keramas gitu.

Nama produknya adalah Mise en Scene Hello Bubble Foam Color. Brand hair care yang cukup ternama di Korsel ini menggandeng Blackpink sebagai brand ambassador-nya. Ada foto member Blackpink di masing-masing kemasan, sehingga banyak yang menyebut nama produk ini sebagai cat rambut Blackpink. 😀

Sepertinya ada sekitar 14 pilihan warna, aku pilih warna Chocobrown (kodenya 6N) yang kemasannya ada foto Jennie. Mengingat yang mau cat rambut nggak cuma aku doang, aku harus pilih warna yang netral. Kasian suamiku kalau warna rambutnya ngejreng, kalau aku kan ditutup sama jilbab. 😛

Keterangan pada packaging luarnya ini mostly pakai bahasa Korea, minim banget kata-kata berbahasa Inggris. Ada keterangan cara pemakaian dan foto-foto hasil pewarnaan.

Syukurlah setelah dibuka ternyata ada panduannya yang berbahasa Inggris. Kita akan mendapatkan botol berisi cairan, pump botolnya, dua sachet cairan solution, hair pack (semacam kondisioner), sarung tangan latex, dan ‘cape‘ atau cover pelindung berbahan plastik.


Ikuti instruksi yang ada di pamfletnya, kurang lebih isinya begini:

  1. Pakai sarung tangan dan kenakan ‘cape‘ untuk melindungi baju kita biar nggak kotor kena cat.
  2. Buka botol yang berisi cairan solution 2.
  3. Masukkan sachet solution 1 dan solution 3 ke dalam botol.
  4. Pasangkan pump pada botol dan tutup sampai rapat.
  5. Kocok-kocok botolnya secara perlahan dengan gerakan melingkar kurang lebih sekitar 20 kali putaran sampai isi produk tercampur dengan sempurna.
  6. Siap digunakan deh, caranya tinggal pencet pump aja. Akan keluar foam berwarna putih.
  7. Usapkan secara merata ke rambut seperti kalau kita pakai shampoo. Saranku kalau rambut kalian tebal, rambutnya dibagi dua bagian dulu. Bagian atas dijepit cepol dan pewarnaan dimulai dari rambut bagian bawah.
  8. Kumpulkan rambut jadi satu ke bagian atas seperti saat kita pakai hair mask. Kemudian diamkan selama 20-30 menit.
  9. Selanjutnya tinggal keramas dan gunakan hair pack bawaan dari Mise en Scene.
  10. Keringkan rambut dan taraaaaaa… warna rambutmu sudah berubah.

Mohon maaf kalau fotonya kurang representatif karena gimana ambil fotonya kalau tanganku kupakai buat cat rambut. Btw, itu model yang ada difoto adalah rambut suamiku ya. Haha.

Pendapatku tentang Mise en Scene Hello Bubble Foam Color ini adalah praktis sekali penggunaannya. Teksturnya yang seperti busa shampoo membuat kita nggak perlu ribet lagi pakai sisir khusus cat rambut. Yang paling aku suka dari produk ini adalah nggak ada bau amonia sama sekali.

Di beberapa merk cat rambut yang pernah aku pakai, bau amonia-nya strong banget. Selain itu juga kadang terasa cekit-cekit dan gatal di kulit kepala sewaktu proses pengecatan rambut. Tetapi aku nggak merasakan hal itu dengan cat rambut dari Mise en Scene ini.

Untuk hasil warnanya di rambut gimana? Ini tergantung warna asli rambutmu banget ya. Hasilnya di rambutku malah lebih terang daripada warna foto rambut pada kemasan produk ini. Hal ini mungkin karena ada banyak uban di rambutku, jadi kayak abis bleaching terus dicat. Warna putih di rambut yang beruban juga dapat tercover dengan baik oleh warna catnya.

Tetapi bagi rambut suamiku yang hitam dari lahir dan belum pernah diapa-apain, hasilnya seperti foto di bawah ini. Mohon maaf nih, modelnya nggak mau foto full semuka, jadi yaudah segini aja. HAHA.

atas: sebelum dicat
bawah: sesudah dicat (bonus bandonya suami :D)

Satu botol produk ini cukup banget kok untuk rambut yang tebal dan panjang. Saranku jangan cuma fokus ke bagian pangkal rambut saja, biar warnanya rata dari ujung sampai ke pangkal rambut.

Oiya kalian bisa mendapatkan cat rambut Mise en Scene ini di Shopee dengan harga sekitar Rp 130.000. Gimana? Tertarik juga untuk mengubah penampilan dengan mewarnai rambut? Mise en Scene layak untuk dicoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.